Apical Hadirkan Bazaar Minyak Goreng dan Edukasi HET di Padang

id Apical, minyakkita

Apical Hadirkan Bazaar Minyak Goreng dan Edukasi HET di Padang

Apical bersama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mendistribusikan MinyaKita di Pasar Raya Padang untuk membantu kebutuhan masyarakat. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Apical Group, salah satu pengolah minyak nabati terkemuka dan produsen minyak goreng sehat dan berkelanjutan, menggelar kegiatan “Ngabuburit Bersama Apical” di Padang, Rabu.

Kegiatan tersebut dimulai dari mengunjungi bazaar minyak goreng Minyakita, minyak goreng program Pemerintah yang diluncurkan pada tanggal 6 Juli tahun 2022 serta edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000 kepada masyarakat di Pasar Raya Padang.

Rangkaian kegiatan bazaar minyak goreng dan edukasi mengenai HET ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya, yakni minyak goreng, khususnya selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dukungan Apical terhadap kebijakan domestic market obligation (DMO) yang dikeluarkan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan. Apical berkomitmen melaksanakan ini di beberapa kota dalam membantu upaya untuk membantu pemerintah dalam menjamin stabilisasi harga dan pasokan.

Head of Industry & Government Relations Apical, Manumpak Manurung mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menyikapi adanya kurangnya pasokan Minyakita, serta melonjaknya harga Minyakita yang telah melampaui HET beberapa bulan terakhir khususnya saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

”Beberapa bulan terakhir pasokan Minyakita sempat berkurang di berbagai daerah dan melonjaknya harga Minyakita di atas HET Rp 14.000. Bertepatan dengan bulan Ramadan ini, kami berupaya mendukung Pemerintah tidak hanya dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat, juga membantu masyarakat lain untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga HET," katanya.

Pengunjung bazaar diedukasi jika menemukan Minyakita dengan harga di atas HET yang telah ditetapkan, dapat menyampaikan pelaporan ke minyakita@apicalgroup.com untuk dapat dipantau lebih lanjut oleh pihak regulator.

Kegiatan edukasi mengenai HET dan bazaar minyak goreng dengan harga terjangkau juga telah dilangsungkan oleh Apical di sejumlah pasar tradisional di Jakarta sejak Februari 2023, serta turut berpartisipasi dalam kegiatan bazaar yang digelar di sejumlah instansi Pemerintahan di Jakarta, seperti di Kementerian Pertanian serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Tidak hanya itu, kegiatan serupa juga telah dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojosari, Jember, Madiun, Magetan, dan Malang.

Di Padang, kegiatan edukasi HET dan bazaar minyak goreng telah dilakukan di sejumlah titik yakni di Kecamatan Nanggalo pada 27 Maret 2023, Kecamatan Koto Tangah pada 28 Maret 2023, serta Kecamatan Kuranji pada 29 Maret 2023.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang melalui pasar murah. Selain itu, kegiatan serupa juga akan diadakan di Masjid Raya Sumbar pada 14 April 2023.

Penyelenggaran bazaar serta edukasi HET di sejumlah wilayah tersebut, Apical berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan Pemerintah.

Dalam momentum bulan puasa ini, Apical memberikan program lebih pada masyarakat dengan berkontribusi untuk masyarakat selama Ramadhan dengan melanjutkan bazaar minyak goreng dan edukasi HET di sejumlah wilayah operasional perusahaan seperti di Balikpapan serta Riau, sebagai wujud komitmen bersama dalam ketersediaan minyak goreng HET dan menjaga pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau untuk masyarakat menjelang Lebaran.

Apical bersama mengunjungi Panti Asuhan di Kota Padang untuk berbagi. (ANTARA/Miko Elfisha)


Rangkaian kegiatan “Ngabuburit Bersama Apical” ini dilanjutkan dengan mengunjungi panti asuhan Ridho Rahmat yang bertempat di Kampung Tuo, Mata Air, untuk memberikan santunan kepada puluhan anak yatim/piatu serta bantuan kebutuhan pokok untuk bagi pengurus panti yang digunakan untuk operasional panti.

General Manager PT Padang Raya Cakrawala (PT PRC - Apical Group), Julianus Tarigan menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya bazaar dan santunan untuk anak panti asuhan yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Pada momentum bulan Ramadan ini kami ingin berbagi kebahagiaan bersama adik-adik dari panti asuhan Ridho Rahmat, yang mana wilayahnya dekat dengan PT PRC. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar, yang juga sejalan dengan filosofi perusahaan kami yakni keberadaan perusahaan harus bermanfaat untuk masyarakat atau good for community,” tambahnya.

Apical diskusi bersama jurnalis di Padang. (ANTARA/Miko Elfisha)


Tentang Apical

Apical adalah pengolah minyak nabati terkemuka dengan jejak global yang berkembang. Proses pengolahan mid-stream yang terintegrasi secara vertikal dan dan pemrosesan hilir dengan nilai tambah menjadikan kami sebagai pemasok integral yang mendukung kebutuhan pangan, pakan ternak, oleokimia dan bahan bakar yang dibutuhkan oleh setiap industri.

Hingga saat ini, dengan aset terintegrasi di lokasi yang strategis mencakup Indonesia, Cina, dan Spanyol, Apical mengoperasikan sejumlah kilang, pabrik oleokimia, pabrik biodiesel, dan pabrik penghancur kernel. Melalui usaha patungan, Apical juga memiliki operasi pemrosesan dan distribusi di Brasil, India, Pakistan, Filipina, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Vietnam.

Pertumbuhan Apical dibangun di atas fondasi keberlanjutan dan transparansi, serta dimotivasi oleh keyakinan kuat bahwa kami dapat membuat dampak yang lebih berarti bahkan pada saat kami terus mengembangkan bisnis kami dan memberikan solusi inovatif kepada pelanggan kami. *