Sumbar resmi miliki dua Master Catur Nasional Wanita

id Sumbar,Catur,Padang,Master Nasional

Sumbar resmi miliki dua Master Catur Nasional Wanita

Ketua KONI Sumbar Ronny Pahlawan (kiri) bersama Ketua rombongan Sumbar di Kejurnas Catur Percasi di Jakarta, Yusra beserta dua Master Catur Nasional Julia Ayuningsih dan Deli Yuliana serta Master Catur Percasi pria yang dipegang Z.E Defrizon saat mendarat di BIM Padang Pariaman, Senin malam (ANTARA/ Mario SN)

Padang, (ANTARA) - Sumatera Barat akhirnya memiliki dua orang Master Catur Nasional Wanita yang dipegang oleh Julia Ayuningsih dan Deli Yuliana serta Master Catur Percasi pria yang dipegang Z.E Defrizon usai menjalani Kejurnas Catur PB Percasi ke-49 di Jakarta.

Ketua KONI Sumatera Barat Roni Pahlawan saat menjemput atlet catur Sumbar dan rombongan di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Senin mengucapkan syukur karena dalam kondisi seperit ini Percasi Sumbar bisa menghasilkan prestasi luar biasa.

"Ini pertama kali Sumbar memiliki Master Catur Nasional Wanita dan juga Master Percasi meski dalam kondisi terbatas," kata dia.

Ia berharap ini dapat menggairahkan atlet lain terus berprestasi mengharumkan nama Sumatera Barat di cabang olahraga masing-masing.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kita di tengah kondisi sulit seperti yang diketahui semua orang. Catur memberikan prestasi yang luar biasa," kata dia.

Ketua Percasi Sumbar Abdul Gaffar mengatakan bersyukur prestasi atlet hari ini dan mudah-mudahan akan ditingkatkan lagi ke depan.

"Kondisi kita yang apa adanya kita berangkat Kejurnas namun meraih hasil optimal dan ini hasilnya bagus. Dalam kondisi kesulitan kita berhasil meraih prestasi," kata dia.

Ia berharap Pemprov Sumbar dan KONI Sumbar menghentikan perseteruan dan kembali bersinergi agar seluruh cabang olahraga yang ada dapat beraktifitas kembali.

"Kita ikut Kejurnas ini diwakilkan ke Kota Padang dan mereka yang tanggung seluruh biaya," kata dia.

Menurut dia untuk potensi atlet catur Sumbar berada di papan tengah dan jika berhasil meraih juara tentu akan sangat memuaskan namun jika bertemu tim dari Pulau Jawa memang posisi Sumbar di bawah mereka.

"Kita terus berupaya memberikan yang terbaik dalam pertandingan yang dijalankan," kata dia.

Ketua KONI Kota Padang, Yusra mengatakan ini anugerah dalam keadaan gonjang ganjing KONI Sumbar yang terjadi saat ini dan setelah Indonesia merdeka baru kali ini Sumbar memiliki Master Nasional.

"Untuk meraih gelar master nasional ini atlet harus mampu mencapai target 60 persen kemenangan dari jumlah pertandingan yang mereka jalankan," kata dia.

Menurut dia atlet ini akan mewakili Sumbar di ajang Pra PON nantinya dan diharapkan mampu memberikan prestasi bagi Sumbar.

"Kejurnas Catur Percasi ini diikuti 1.500 peserta dari seluruh Indonesia dan kita berhasil meraih dua gelar master. Ini kebanggaan bagi Sumbar," kata dia.

Master Catur Nasional Wanita asal Sumbar Julia Ayuningsih mengatakan perjuangan sangat banyak lika liku yang telah dilakukan untuk meraih posisi seperti saat sekarang ini.

"Alhamdulillah ini tidak sia-sia dan Sumbar memiliki dua orang Master Catur Nasional Wanita Pertama dan ini semua memang di luar dugaan," kata dia. (*)