PDAM Tirta Antokan Agam uji kualitas air setiap bulannya

id PDAM Tirta Antokan Agam,Berita sumbar,Berita agam

PDAM Tirta Antokan Agam uji kualitas air setiap bulannya

Petugas laboratorium PDAM Tirta Antokan Agam sedang memeriksa kondisi air. (Antara/HO-Dok PDAM Tirta Antokan Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan pengujian kualitas air setiap bulannya dalam meningkatkan pelayanan pada konsumen.

"Pengujian kualitas air rutin kita lakukan dan pengujian itu secara internal dengan menurunkan petugas laboratorium," kata Direktur PDAM Tirta Antokan Agam Hendri Chaidir di Lubukbasung, Jumat.

Ia mengatakan, pengujian kualitas air itu juga dilakukan secara eksternal di laboratorium milik Dinas Lingkungan Hidup Agam.

Pengujian eksternal itu dilakukan satu kali tiga bulan di seluruh sumber air untuk melihat kandungan fisika, kimia, mikro organisme dan lainnya yang sesuai dengan Peraturan Menteri Republik Indonesia tentang Air Minum.

Hasil dari laboratorium itu, tambahnya, dasar PDAM Tirta Antokan Agam untuk menyikapi upaya lanjutan, agar air yang sampai ke pelanggan memiliki kualitas yang baik.

"Pengujian kualitas air juga dilakukan saat kondisi air Danau Maninjau tercemar. Ini bentuk tindakan cepat kita dalam menyikapi kondisi air," katanya.

Ia menambahkan, PDAM Tirta Antokan Agam membenahi laboratorium, intek di Siguhung dan lainnya.

Setelah itu, memperbaiki kebocoran jaringan, agar pelanggan tidak mengeluhkan tentang pelayanan.

Untuk itu, ia mengimbau pelanggan untuk segera melaporkan ada gangguan ke PDAM Tirta Antokan Agam, sehingga langsung disikapi.

PDAM Tirta Antokan Agam menyiapkan dua tim dengan jumlah tujuh orang untuk menyikapi gangguan tersebut.

"Segera laporkan ada gangguan, kita akan menyikapi dan jangan melaporkan ke media sosial, sehingga kami tidak mengetahui gangguan itu," katanya.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023