Tujuh prinsip manajemen keuangan yang harus dipahami

id Tujuh prinsip keuangan,softwere pembayaran

Tujuh prinsip manajemen keuangan yang harus dipahami

Ilustrasi- kartu korporat Visa (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Guna memulai sebuah usaha harus memiliki bekal ilmu-ilmu manajemen, salah satunya adalah prinsip manajemen keuangan yang harus dipahami.

Prinsip ini perlu dikuasai oleh para pebisnis agar stabilitas keuangan perusahaan berada pada kondisi normal. Langkah awal yang bisa kamu terapkan adalah dengan memanfaatkan software pembayaran untuk pengelolaan keuangan perusahaan.

Perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin maju bisa kamu manfaatkan untuk mempermudah sistem informasi pada bisnis yang kamu jalankan. Salah satunya adalah penggunaan transaksi online untuk aktivitas pengeluaran dan pendapatan dari sebuah bisnis.

Kemudahan ini bisa diaplikasikan dalam usaha yang sedang dijalankan, karena sistem pembayaran cashless baru-baru ini sudah menjadi trend di kalangan masyarakat.

Nah, berikut ini adalah 7 prinsip manajemen keuangan yang mesti kamu lakukan agar sukses menjalani bisnis dan bagaimana sih cara menunjang kegiatan bisnis dengan penggunaan kartu digital untuk perusahaan.

Prinsip Manajemen Keuangan

Tujuan utama menerapkan prinsip manajemen keuangan pada bisnis yang kamu jalankan adalah untuk mengontrol seluruh kegiatan penggunaan anggaran dalam perusahaan.

Hal ini perlu dilakukan agar bisa mengoptimalkan proses kerja bisnis dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.

7 Prinsip manajemen keuangan berikut ini bisa kamu terapkan agar bisnis yang dijalankan bisa sukses besar!

1. Pahami akuntabilitas keuangan perusahaan

Setiap pemangku kepentingan dalam sebuah bisnis, misalnya investor atau penanam modal memiliki hak untuk mengetahui kemana saja perputaran dana dari bisnis yang dijalankan.

Anggaran dan penggunaan dana harus memiliki laporan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Fungsi pertanggungjawaban moral atas perputaran dana bisnis ini dinamakan sebagai prinsip akuntabilitas, di mana sebuah perusahaan memiliki kewajiban hukum dan moral atas penggunaan dana yang diberikan oleh pihak ketiga.

Dari prinsip tersebut, sebagai seorang pebisnis kamu perlu memahami dengan detail akuntabilitas keuangan perusahaan.

2. Konsisten dalam sistem dan kebijakan keuangan perusahaan

Prinsip kedua yang mesti kamu terapkan dalam mengelola keuangan perusahaan adalah perlunya sikap konsisten dalam sistem dan kebijakan keuangan perusahaan.

Konsisten di sini tidak melulu diartikan selalu sama dari waktu ke waktu, tetapi lebih pada penyesuaian perubahan yang terukur berdasarkan sistem yang digunakan oleh perusahaan.

Saat bisnis yang kamu jalankan melaju pesat atau mengalami kemunduran karena adanya pengaruh dari banyak hal, kamu harus menyesuaikan kebijakan keuangan dengan pendekatan yang paling bisa dijalankan oleh perusahaan.

3. Perhatikan kelangsungan hidup keuangan perusahaan

Untuk menjaga iklim keuangan perusahaan yang kamu jalankan berada dalam kondisi yang sehat dan stabil, kamu perlu secara konsisten memperhatikan arus perputaran kas dan pemasukan dana secara berkala.

Agar kelangsungan hidup keuangan perusahaan bisa terjamin, kamu juga perlu memperhatikan setiap pengeluaran perusahaan baik di tingkat operasional sampai pengeluaran untuk strategi bisnis.

Kemudian kamu bisa sesuaikan perencanaan keuangan tersebut dengan dana yang dimiliki oleh perusahaan.

4. Transparansi dalam setiap transaksi

Setiap perusahaan harus memiliki laporan keuangan yang bisa merangkum semua kegiatan pengeluaran dan pendapatan dalam proses bisnis. Idealnya, setiap bulan perusahaan perlu memiliki laporan keuangan khusus dan akan dibukukan untuk periode satu tahun berjalan.

Pengelolaan keuangan yang dilakukan dalam setiap bisnis, harus transparan agar semua pemangku kepentingan dalam sebuah bisnis bisa memberikan kepercayaan penuh pada pemegang kelola anggaran perusahaan. Yang mesti kamu ingat, transparansi keuangan perusahaan harus lengkap, akurat, dan tepat waktu sesuai perencanaan.

5. Gunakan standar akuntansi

Salah satu prinsip manajemen keuangan perusahaan yang harus diterapkan oleh perusahaan adalah pengelolaan keuangan yang menggunakan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Dengan adanya aturan tersebut, bagian yang menangani laporan keuangan perusahaan semestinya adalah orang-orang yang memiliki latar belakang keilmuan yang sesuai, misalnya para akuntan atau lulusan manajemen keuangan.

Dengan adanya relevansi pengetahuan dan jenis pekerjaan yang dijalankan, pekerjaan pengelolaan keuangan akan semakin baik dan sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia.

6. Jaga integritas keuangan perusahaan

Agar laporan keuangan perusahaan sesuai dengan aktivitas yang terjadi di lapangan. Para pekerja yang berada dalam lingkup manajerial keuangan harus memiliki integritas yang baik dalam menjalankan pekerjaannya.

Butuh seseorang yang memiliki ketelitian dalam membuat catatan dan laporan keuangan perusahaan. Pastikan bisnis yang kamu jalankan memiliki integritas dalam kelengkapan dan pencatatan laporan keuangan perusahaan.

7. Jaga arus keuangan dengan pengelolaan yang baik

Prinsip manajemen keuangan lainnya yang perlu kamu terapkan ketika mengelola sebuah bisnis adalah menjaga arus keuangan dengan melakukan pengelolaan dana secara baik dan teliti.

Kamu harus pastikan bahwa pengelolaan keuangan dalam bisnis yang kamu jalankan telah sesuai dengan standar akuntansi dan rencana anggaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang kamu jalankan.

Setelah mengetahui 7 prinsip manajemen keuangan untuk meningkatkan bisnis yang kamu jalankan, kamu juga perlu menerapkan cara-cara praktis untuk membantu pengelolaan keuangan perusahaan dengan kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan sistem informasi dan teknologi.

Baru-baru ini, transaksi pembayaran sudah mulai merambah ke sistem digital. Sebagai pelaku usaha, kamu perlu mempelajari dan menyesuaikan bisnis yang kamu jalankan dengan trend yang berlaku di masyarakat saat ini.

Untuk menunjang segala aktivitas bisnis yang kamu jalankan. Kamu bisa mengandalkan kartu korporat Visa untuk pengelolaan keuangan perusahaan yang lebih praktis dan terorganisir. Dengan menggunakan satu kartu, kamu bisa menerapkan prinsip manajemen keuangan secara efektif dan efisien.

Berikut tadi informasi terkait prinsip-prinsip manajemen keuangan, semoga bermanfaat dan bisnismu semakin maju, ya!