Bantu pasarkan produk UMKM, Perumda Tuah Sepakat bakal sediakan gudang di Tanggerang

id Perumda Tuah Sepakat,UMKM Tanah Datar,Berita tanah datar,Berita sumbar

Bantu pasarkan produk UMKM, Perumda Tuah Sepakat bakal sediakan gudang di Tanggerang

Direktur Perusahaan Umum Daerah Tuah Sepakat, Veri Kurniawan (Antara/Etri Saputra)  

Batusangkar (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tuah Sepakat bakal menyediakan gudang penyimpanan dan pemasaran sebagai bentuk hilirisasi dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Direktur Perumda Tuah Sepakat Veri Kurniawan di Batusangkar Jumat, mengatakan selain untuk hilirisasi UMKM gudang tersebut juga digunakan untuk hilirisasi hasil pertanian dari Tanah Datar seperti beras.

"Kita sudah mendata untuk gudang yang ada di Tanggerang kapasitasnya berapa kita sudah kaji, apakan kita mampu untuk itu dan apakah kita menguntungkan menggunakan gudang tersebut," katanya.

Ia mengatakan Perumda Tuah Sepakat secara bertahap akan menyelesaikan permasalahan yang ada ditengah masyarakat dan juga tentunya menguntungkan bagi Perumda.

Perumda juga sangat ambil peduli dan fokus pada pemasaran UMKM serta hasil pertanian baik secara online maupun offline sesuai arahan dari DPRD, Bupati, dan Dewan Pengawas.

"Nah, gudang barang yang kita siapkan tersebut diharapkan salah satu cara untuk meringankan biaya atau kos distribusi bagi UMKM Tanah Datar untuk menggapai market nasional dalam artian Jabodetabek," katanya.

Ia mengatakan, Perumda Tuah Sepakat juga berencana akan membentuk tim bagaimana produk UMKM di Tanah Datar berhenti sampai bagaimana pelaku hanya sampai di kualitas produk. Sementara untuk pemasaran tim Perumda yang akan menjual termasuk juga masalah distribusi.

"Mulai dari foto produk, kemasan produk, sampai ke penjualan bahkan membalas chat dari pelanggan pun dari tim kami,"ujarnya

Kedepannya Perumda Tuah Sepakat akan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag), Dinas Pangan dan Dina Pertanian terkait produk yang akan dipasarkan.

"Jangan sampai nanti kita sudah mulai memasarkan tapi produktifitasnya masih terbatas sehingga kami kesulitan juga memenuhi pelanggan," katanya.

Veri juga juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas persetujuan DPRD untuk pernyataan modal dari pemerintah kepada Perumda Tuah Sepakat.

"Dari ini kita bisa optimis bahwa potensi yang ada di daerah yang bisa digarap sesuai dengan kapasitas kita saat ini bisa kita maksimalkan," ujarnya.