Kebidanan Unand beri penyuluhan reproduksi di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato

id pengabdian masyarakat unand, berita padang, berita sumbar

Kebidanan Unand beri penyuluhan reproduksi di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato

Kegiatan Pengabdian Masyarakat  di  Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Kalumbuk Kuranji Kota Padang (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Kalumbuk Kuranji Kota Padang pada Selasa, 15 November 2022.

Kegiatan dihadiri oleh oleh tim Departemen Kebidanan FK Unand, Kepala UPTD Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato, mahasiswa kebidanan FK Unand serta pegawai/ dan petugas di Panti Sosial.

Kegiatan dilaksanakan oleh tim Pengabdian masyarakat yang beranggotakan Fitrayeni, SKM, M.Biomed, Erda Mutiara Halida, SST., M.Keb, Uliy Iffah, SST, M.Keb, Feni Andriani, Bd., M.Keb, Josi Noviani Mahasiswa Profesi Bidan) serta Dwi Nauli (Mahasiswa S1 Kebidanan).

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan berbentuk KIE mengenai Kespro pada usia reproduktif dengan peserta 50 orang terdiri atas 13 perempuan dan 37 laki-laki yang merupakan penyandang disabilitas tuna netra.

Kegiatan ini dilaksanakan langsung di Aula Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato pada pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB dibuka oleh Kepala UPTD Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Padang Sufnarrita Yusuf, S.ST, MM.

Sekretaris Departemen Kebidanan FK Unand Rafika Oktova, S.ST, M.Keb menyampaikan dalam sambutannya kegiatan pengabdian masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta usaha mengembangkan kemampuan masyarakat.

"Salah satu kewajiban tersebut Departemen Kebidanan FK Unand melaksanakan Pengabdian Masyarakat, hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian setiap lembaga atau institusi yang bergerak di bidang Pendidikan Kesehatan khususnya kebidanan," kata dia.

Pengabdian pada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk caring pada peserta terutama dalam menambah pengetahuan sekaligus menjadi pengalaman bagi para petugas pengampu para peserta penyandang cacat netra terkait dengan tema KIE tentang Kespro pada usia reproduktif.

Meski penyandang tuna netra remaja termasuk kelompok peserta yang perlu mengetahui kesehatan reproduksi agar memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada di sekitarnya.

Dengan informasi yang benar, diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi.

“Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan mengenai Kespro pada usia reproduktif baik pada peserta laki-laki maupun perempuan serta terciptanya hubungan yang baik antara institusi pendidikan kebidanan Unand dengan masyarakat kelompok penyandang cacat netra khususnya di UPTD Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato.

"Melalui program pengabdian pada masyarakat, kita juga berharap kegiatan ini memiliki dampak yang positif bagi para pesertanya," kata Ketua Departemen Kebidanan FK Unand Yulizawati, S.ST, M.Keb.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Kalumbuk Kuranji Kota Padang (Antara/HO)ppr


Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2022