Mantan bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didorong maju ke Senayan

id Mantan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi,didorong maju ke Senayan, pemilihan legislatif 2024

Mantan bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didorong maju ke Senayan

Mantan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat menjamu makan siang sejumlah warga di Limapuluh Kota. (Antara/Dokumentasi Pribadi)

Sarilamak, (ANTARA) - Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021 Irfendi Arbi didorong untuk maju menjadi calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ataupun Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada pemilihan legislatif 2024.

"Kalau ke Senayan akan saya dukung, sehingga nantinya perwakilan kita tidak hanya pencitraan saja dan dapat membawa perubahan ke Sumbar khusus Limapuluh Kota," kata Salah seorang tokoh Limapuluh Kota Zamhar Pasma Budi di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan salah satu alasannya karena dia merupakan mantan Bupati Limapuluh Kota yang sudah tentu mempunyai pengaruh dan pengalaman dalam politik dan sebagainya.

"Selain dari itu Luak Limopuluah (Payakumbuh dan Limapuluh Kota) harus memiliki wakil di senayan untuk membawa pembangunan ke nagari kita khusus nya Dapil Sumbar 2," ungkapnya.

Pria yang juga merupakan pengusaha itu mengatakan untuk lolos ke senayan diperlukan suara sekitar 70 ribu suara dan menurutnya hal itu tidak sulit untuk didapatkan.

"Tim saya sendiri sudah bergerak lebih satu tahun untuk mencari dan mengumpulkan suara dalam rangka persiapan pemilu serentak 2024 nanti. Ini langkah saya agar ada perwakilan kita di Luak Limopuluah di Senayan," ungkapnya.

Sementara itu, Tokoh Limapuluh Kota dari Kecamatan Luak Dodi Sastra mengatakan bahwa pada 2024 memang sudah waktunya Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021 itu maju ke Senayan.

"Pasalnya, popularitas dan kinerja Irfendi Arbi selama menjadi Bupati sudah cukup membuktikan kepada masyarakat bahwa dirinya layak untuk berkiprah di Senayan,” katanya didampingi Taufik BAc.

Terlebih, sambung Dodi, hingga saat ini belum ada putra asli Luak Limopuluah yang duduk atau terpilih langsung di pemilihan DPR-RI bahkan DPD.

"Pak Irfendi aktif di berbagai organisasi dan sebagai mantan aktivis mahasiswa dan pernah menjabat Ketua Senat Mahasiswa, Ketua KNPI Kota Padang, Ketua Majelis Pemuda Indonesia Sumbar, Ketua 1 DPP alumni Unand, Dewan Penasehat FKPPI Sumbar dan mantan anggota DPRD Kota Padang itu, membuat dirinya mudah dikenal semua kalangan," ujarnya. (*)