Agam mulai suntikan vaksin cegah PMK kepada 300 ternak ruminansia

id vaksinasi pmk,pmk di agam,sumatera barat

Agam mulai suntikan vaksin cegah PMK kepada 300 ternak ruminansia

Vaksinasi antisipasi penyebaran PMK pada hewan ternak di kandang sapi wilayah Desa Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY, Rabu (29/6/2022) (ANTARA/Hery Sidik)

​​​​​​​Lubukbasung,  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mulai memberikan menyuntikkan vaksin kepada 300 ekor ternak ruminansia milik warga dalam upaya pencegahan penularan virus penyakit mulut dan kuku di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Asniwirman didampingi Fungsional Medik Viteriner Madya, Drh Wellya Roza di Lubukbasung, Rabu, mengatakan pemberian vaksinasi itu serentak dilakukan pada Selasa (28/6).

"Pemberian vaksinasi itu hanya satu hari, karena vaksin tahan selama 24 jam. Vaksin itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat," katanya.

Ia mengatakan, pemberian vaksin tersebut diutamakan kepada sapi perah milik warga, mengingat ketersediaan vaksin yang diberikan cukup terbatas dan hanya untuk 300 ekor ternak. ternak yang diberi vaksinasi dengan kondisi sehat, belum terinfeksi virus penyakit mulut, kuku dan lainnya.

"Ini merupakan syarat bagi ternak yang mendapatkan vaksinasi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, Dinas Pertanian Agam melibatkan 35 orang petugas untuk pemberian vaksinasi tersebut. Seluruh petugas, tambahnya, dilengkapi dengan alat perlindungan diri berupa pakaian hazmat.

Saat ini, total ternak warga yang terkonfirmasi sebanyak 769 ekor dengan rincian sapi sebanyak 697 ekor, kerbau 68 ekor dan kambing empat ekor.

Sedangkan suspect 1.595 ekor dengan rincian sapi 1.463 ekor, kerbau 113 ekor dan kambing 19 ekor.

Sementara ternak yang mati sembilan ekor dengan rincian sapi empat ekor, kerbau satu ekor dan kambing empat ekor. "Ternak yang mati merupakan anak," katanya. (*)