Bupati Dharmasraya: TNI-Rakyat pilar tegaknya NKRI

id TMMD,Bupati dharmasraya

Bupati Dharmasraya: TNI-Rakyat pilar tegaknya NKRI

Wakil Gubernur Audy Joinaldy (dua kiri), Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan (dua kanan), dalam pembukaan TMMD di Kabupaten Dharmasraya, Sumbar, Rabu (11/5). (Antara/Ilka Jensen) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan berpendapat kebersamaan kemanunggalan serta keharmonisan antara TNI dengan rakyat menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

"Nilai-nilai ini merupakan kekuatan yang dahsyat untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa hari ini," kata Sutan Riska, di Pulau Punjung, Rabu.

Hal itu disamping bupati saat memberi sambutan dalam Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Tahun 2022, di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya.

Ia berharap kekompakkan TNI dan rakyat ke depannya agar terus dipupuk sehingga dapat terjalin baik dan tidak mudah goyah oleh berbagai kesulitan yang menerpa.

Menurut dia TMMD adalah program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah dalam mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, dan sasaran pokok TMMD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Selain itu, lanjut dia TMMD juga bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat. Melalui TMMD, ia berharap kekompakkan dan sinergitas antara TNI dan masyarakat senantiasa terjalin.

"Program TMMD harus kita sukseskan bersama, tentu dengan dukungan seluruh unsur termasuk masyarakat. Kemudian, saya berharap kegiatan ini terlaksana sesuai jadwal," katanya.

Ia mengatakan TMMD di Kabupaten Dharmasraya di laksanakan di Nagari Abai Siat, Kecamatan Koto Besar. Digilar dua tahap, pertama pra TMMD 19-25 Maret, sedangkan tahap kedua dimulai 11 Mei sampai dengan 9 Juni 2022.

Ia menjelaskan pelaksanaan program TMMD terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 10 KK , pembuatan jembatan serta pemasangan gorong-gorong. Sedangkan non fisik, yakni penyuluh bela Negara, narkoba, terorisme, lingkungan hidup, pendidikan, pelayanan kesehatan, KB dan Disdukcapil," tambah dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyampaikan program TMMD tentu akan membantu program pembangunan di Dharmasraya dengan semangat gotong royong yang dipelopori oleh personil TNI.

Ia juga mengapresiasi adanya pembangunan karakter yang sangat luar biasa melalui program non fisik yang dipadukan dengan program TMMD. Sehingga pembangunan tidak hanya dibidang infrastruktur, tetapi juga pembangunan kesehatan dan SDM masyarakat.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Danrem/032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto, Ketua DPRD Pariyanto, Dandim 0310/SSD, Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Kapolres AKBP Nurhadiansyah, unsur Forkopimda, kepala OPD dan undangan lainnya.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022