Pemkab Dharmasraya jadikan momen mudik kenalkan UMKM

id Berita dharmasraya, berita sumbar

Pemkab Dharmasraya jadikan momen mudik kenalkan UMKM

Sejumlah mobil pemudik berhenti di kawasan Umega Gunung Medan, Dharmasraya, Sumbar, Sabtu (7/5). Pemkab Dharmasraya memanfaatkan momentum mudik dan balik lebaran 2022 untuk mengenalkan produk UMKM. (Antara/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memanfaatkan momentum arus mudik dan balik lebaran 2022 untuk mengenalkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah itu.

"Ini juga sejalan dengan imbauan pemerintah untuk memanfaatkan momen mudik Lebaran bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk unggulan kita," Kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dharmasraya, Rovanly Abdams melalui Kabid Informasi Keterbukaan Publik Misbhul Akhir, di Pulau Punjung, Sabtu.

Menurutnya promosi produk lokal itu diharapkan dapat mengerakan perekonomian masyarakat setempat, sekaligus mendukung program pemerintah dalam memulihkan perekonomian karena pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan sejumlah produk olahan khas Dharmasraya yang dapat dijadikan oleh-oleh dan kudapan bagi pemudik, seperti Keripik Tempe Matahari, Randang Paku Rang Kito, Keripik Tempe Tahu Sagu Satria, dan lainnya.

"Keseluruhan produk lokal Dharmasraya tersebut sudah dipasarkan di pusat swalayan dan oleh-oleh yang ada yang sepanjang jalan Nasional Kabupaten Dharmasraya," kata dia.

"Kita berharap produk-produk UMKM dilirik pemudik untuk bekal oleh-oleh ataupun kudapan selama perjalanan mudik mereka," katanya.

Menurut dia letak geografis Kabupaten Dharmasraya sebagai salah satu pintu masuk bagi pemudik dari arah Pulau Jawa, Lampung, Palembang dan Jambi, tentu menjadi peluang strategis untuk mempromosikannya kepada pemudik dan masyarakat secara luas.

"Ini adalah peluang besar untuk mengenalkan produk kita. Selanjutnya momen seperti ini akan kita kemas dengan baik, seperti menyediakan stand produk UMKM di sejumlah rest area nantinya," tambah dia.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta momen mudik jelang Lebaran dimanfaatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk unggulan di daerah tujuan masing-masing.

"Salah satunya melalui pemanfaatan kawasan rest area yang menjadi lokasi favorit pemudik ketika beristirahat dalam perjalanan ke kampung halaman,” katanya saat mengunjungi Rest Area KM 39A Ruas Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, dalam keterangan resmi, di Jakarta, Kamis (29/4).