Pascasarjana UNP gelar Kuliah Umum Bersama di Universitas Mulawarman

id Berita unp

Pascasarjana UNP gelar Kuliah Umum Bersama di Universitas Mulawarman

Salah satu pembicara tengah memaparkan materi kepada mahasiswa yang menghadiri Kuliah Umum Bersama di Unmul, Kaltim. (ANTARA/Humas UNP)

Padang (ANTARA) - Program Studi Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP menggelar Kuliah Umum Bersama dengan Pascasarjana Universitas Mulawarman (Unmul) yang merupakan rangkaian kegiatan Praktek Lapangan Terpadu yang diselenggarakan di Kalimantan Timur sampai 6 Maret 2022.

“Sebagai bentuk perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi dan peningkatan IKU lembaga, kami jauh hari sudah membuat perencanaan untuk studi lapangan di daerah Kaltim, sekaligus membangun kerja sama antar kedua Institusi," kata Ketua Prodi Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP, Prof Dr Eri Barlian, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan ilmiah ini bertema “Peran Pascasarjana Ilmu Lingkungan dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan Menyongsong Kaltim sebagai Fokus Ibu Kota Nusantara untuk Pemerataan Pembangunan Nasional”.

Kegiatan Kuliah Umum ini menampilkan dua pembicara yang sudah pakar di bidangnya. Narasumber pertama yaitu Pakar Lingkungan UNP Prof Dr Indang Dewata, dengan materi “ Sumatera Barat sebagai Etalase Bencana”.

Narasumber kedua dari Unmul yakni Prof Dr Harihanto , dengan judul makalah “Mengantisipasi Rencana Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur, Dampak dan Peran Lembaga Masyarakat Lokal: Sudut Pandang, Analisis Independen”.

Usai kegiatan Kuliah Umum Bersama, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara kedua perguruan tinggi tersebut.

Pada kegiatan Praktek Lapangan Terpadu tersebut Tim UNP melakukan Kegiatan Kuliah Praktek di PT Alam Jaya Bara Pratama, dan Kuliah umum di Unmul serta Praktek Lapangan di IKN.

Kegiatan ini melibatkan beberapa orang sebagai pembimbing yaitu Prof Dr Eri Barlian, Prof Dr Ir Nasfryzal Carlo, Prof Indang Dewata, Prof Dr Abdul Razak, Dr Nurhasan Syah, Dr Ir Heldi, Dr Iswandi U, Dr Hamdi, dan Dr Rahadian.Z.

Kegiatan ini dihadiri oleh sebanyak 150 mahasiswa yang berasal dari gabungan kedua perguruan tinggi tersebut, 45 orang do antaranya adalah mahasiswa program magister dan doktor.