SDGs Center UNP siap berkiprah dan berkolaborasi dengan lembaga lain

id berita padang,berita sumbar,unp

SDGs Center UNP siap berkiprah dan berkolaborasi dengan lembaga lain

Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar rapat konsolidasi perdana membahas berbagai perencanaan program ke depan pada Kamis. (Antarasumbar/HO-Humas UNP)

Hal ini didasari oleh berbagai program kerja sama yang pernah ditawarkan SDGs Desa Kemendes PDTT,
Padang (ANTARA) - Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Negeri Padang (UNP) siap berkiprah melakukan berbagai program kegiatan di tahun 2022.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) UNP Yohandri, Ph.D di Padang, Jumat, menyampaikan SDGs Center ini dibentuk atas permintaan Rektor UNP.

"Hal ini didasari oleh berbagai program kerja sama yang pernah ditawarkan SDGs Desa Kemendes PDTT, yang sengaja datang dari pusat untuk merangkul berbagai Perguruan Tinggi mitra Kemendes PDTT, termasuk UNP," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mendirikan organisasi tersebut agar bisa bermitra dengan berbagai lembaga yang intens dalam merealisasikan 17 bidang SDGs.

"Maka kepada SDGs UNP yang baru seumur jagung ini agar bisa membaca dan mengambil peluang kerja sama dengan lembaga-lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional," kata Dosen Fisika FMIPA ini.

Lembaga riset dan pemberdayaan yang dibentuk oleh LP2M UNP sejak akhir 2021, telah berhasil menggelar rapat konsolidasi perdana membahas berbagai perencanaan program ke depan pada Kamis.

Direktur SDGs UNP Dr Erianjoni, menyatakan SDGs Center UNP akan melakukan berbagai program di antaranya pembuatan web, peluncuran SDGs Center UNP dan Webinar. Kemudian merancang kegiatan riset dan pengabdian masyarakat, dan melakukan program-program pemberdayaan.

"Tentunya kami melakukan kerja sama dengan SDGs Center pada beberapa Perguruan Tinggi yang sudah berpengalaman dalam program tersebut. Tahun ini kami akan fokus saja pada program SDGs Desa sebagaimana yang ditawarkan oleh pihak Kemendes PDTT," ujar dia.

Dalam tim SDGs UNP, terdapat 8 Devisi dari 17 Devisi yang ada dalam Program SDGs PBB, yang dipromosikan oleh pemerintah dan digawangi oleh beberapa pakar di bidangnya masing-masing yakni Dr Anton Komaini (Pendidikan dan Olahraga),

Kemudian, Dr Rer nat, Deski Beri, M.Si (Kimia), Dr Kasmita, (Gizi), Ashari Syarief, M.Si (Perubahan Iklim), Rindang Ayu, M.Si (Psikologi), Krismadinata, Ph.D. (Infrastruktur dan Industri).

Selanjutnya Dr Abna Hayati, M.Pd (Pendidikan), Dr Fakhrur Razi, M.Si (Bencana dan Mitigasi), Sany Dwita, Ph.D (Ekonomi/ Akuntansi), dan Dr Fatmariza, M.Hum (Sosiologi Gender).