Begini cara cek skor kredit dan membersihkannya

id kredit

Begini cara   cek skor kredit dan membersihkannya

Ilustrasi kredit (Antara/Pixabay)

Padang (ANTARA) - Seseorang dengan skor kredit yang buruk umumnya akan mengalami hambatan saat ingin melakukan pengajuan pinjaman di bank atau lembaga keuangan digital. Sebab, hampir semua lembaga keuangan yang resmi pasti akan mengecek skor atau riwayat kredit dari calon nasabahnya sebelum memberikan pinjaman uang.

Tentunya, jika riwayat kredit seseorang buruk, potensi pengajuan pinjamannya disetujui akan menjadi lebih kecil. Itulah mengapa perlu disiplin membayar beban cicilan atau utang apa pun saat ini agar tak kesulitan mengajukan pinjaman di masa depan saat dibutuhkan.

Lantas, bagaimana cara melihat skor kredit yang dimiliki saat ini? Adakah tips untuk memperbaiki skor kredit yang sudah terlanjur memburuk? Tak perlu khawatir, berikut adalah ulasan yang bisa menjawab pertanyaan seputar skor kredit tersebut.

Informasi Penting Seputar Skor Kredit

Sebelum membahas tentang cara memeriksa dan tips memperbaikinya, Anda perlu memahami beberapa hal penting seputar skor kredit terlebih dulu. Pada SLIK, terdapat SID atau informasi riwayat atau skor kredit. Skor SID tersebutlah yang digunakan oleh lembaga keuangan dalam menilai kelayakan calon debitur menerima pinjaman.

Melalui SID, lembaga keuangan dapat melihat informasi nasabah yang pernah melakukan pengajuan kredit dan mengetahui skor yang didapatkan berdasarkan catatan pinjamannya. Skor kredit tersebut ditentukan berdasarkan catatan kolektibilitas calon debitur atau pengambil pinjaman. Berikut adalah rincian terkait skor kredit pada SID.

- Skor 1 atau Kredit Lancar: Debitur selalu menjalankan kewajiban membayar cicilan kredit dengan lancar setiap bulan tanpa pernah melakukan penunggakan.

- Skor 2 atau Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK): Debitur tercatat tengah menunggak tagihan kredit dalam kurun waktu 1 sampai 90 hari.

- Skor 3 atau Kredit Tak Lancar: Debitur sedang menunggak tagihan kredit selama 91 sampai 120 hari.

- Skor 4 atau Kredit Diragukan: Debitur tercatat sedang menunggak tagihan kredit selama 121 sampai 180 hari.

- Skor 5 atau Kredit Macet: Debitur tercatat sedang menunggak tagihan kredit selama lebih dari 180 hari.

Umumnya, lembaga keuangan enggan menyetujui pengajuan pinjaman jika calon nasabahnya memiliki skor kredit 3, 4, atau 5. Pasalnya, lembaga keuangan merasa khawatir penunggakan akan terjadi pula pada aktivitas pinjaman tersebut dan tidak mau mengambil risiko.

Cara Cek Skor Kredit dengan Mudah

Berdasarkan penjelasan di situs OJK, masyarakat bisa mengajukan layanan SLIK dengan berkunjung langsung ke kantor OJK yang berada di pusat atau daerah. Informasi terkait alamat kantor OJK terdekat bisa dilihat melalui situs resmi OJK.

Pengajuan layanan SLIK tersebut gratis, dan seluruh prosesnya hanya memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit saja. Agar data pribadi tetap terjaga, usahakan untuk mengajukan permintaan informasi SLIK tanpa diwakilkan. Namun, jika tetap ingin diwakilkan, Anda perlu menulis surat kuasa disertai dengan materai, KTP asli debitur, serta KTP asli pihak penerima kuasa.

Berkas yang perlu dibawa saat mengajukan SLIK untuk nasabah perorangan adalah KTP atau paspor untuk WNA. Sedangkan untuk badan usaha, dokumen yang perlu dibawa adalah fotokopi identitas milik badan usaha serta identitas pengurus dan menunjukkan identitas yang asli. Khusus untuk yang berkunjung ke kantor pusat OJK, dianjurkan untuk membawa pula dokumen identitas selain KTP. seperti, SIM, Kartu BPJS, NPWP, dan sebagainya untuk mendapatkan kartu pengunjung.

Tips Membersihkan Riwayat Kredit

Jika ternyata skor kredit yang dimiliki buruk, bagaimana cara memperbaiki atau membersihkannya? Pada dasarnya, tidak ada cara lain untuk meningkatkan skor kredit selain dengan melunasi cicilan yang tertunggak dan meminta surat keterangan bebas tunggakan dari lembaga keuangannya. Kemudian, tunjukkan dokumen tersebut ke OJK untuk dikonfirmasi.

Setelah itu, cek apakah skor kredit Anda mengalami perubahan atau tidak. Jika tidak berubah, Anda dapat bertanya ke lembaga keuangan yang bersangkutan. Asal tunggakan telah dilunasi, skor kredit akan dinyatakan bersih dalam waktu dekat.

Jangan Anggap Remeh Konsekuensi Menunggak Cicilan Kredit

Masih banyak yang tidak menyadari bahwa penunggakan yang dilakukan pada aktivitas kredit yang resmi, termasuk pinjaman uang online dan paylater, akan tercatat di SLIK OJK. Jika terdapat cicilan yang tertunggak, skor kredit akan menurun dan menyulitkan proses pengajuan pinjaman di masa depan saat dibutuhkan. Oleh karena itu, jangan anggap remeh konsekuensi menunggak cicilan kredit apapun agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.