Kader PKK se-Tanah Datar dilatih membuat sulaman ini

id berita batusangkar,berita sumbar,sulaman

Kader PKK se-Tanah Datar dilatih membuat sulaman ini

Kader PKK Tanah Datar dilatih membuat sulaman kapalo samek, pelatihan itu digelar selama tujuh hari 22-28 Seember 2021. (Antarasumbar/Etri Saputra)

Kita harapkan akan lahir karya-karya unik dengan motif yang menarik dan dapat menembus pasar sehingga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat Tanah Datar,
Batusangkar (ANTARA) - Kader Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) nagari se Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dilatih membuat sulaman kapalo samek yang bernilai tinggi hingga dapat membantu perekonomian keluarga dan masyarakat.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) dan TP PKK Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra di Batusangkar, Senin, mengatakan dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan lahir karya unik dengan motif menarik hingga menjadi peluang bisnis.

"Kita harapkan akan lahir karya-karya unik dengan motif yang menarik dan dapat menembus pasar sehingga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat Tanah Datar," katanya.

Ia mengatakan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 25 orang terdiri kader PKK Kelompok Kerja (Pokja II) terkhusus bidang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam upaya meningkatkan keterampilan.

Ia mengharapkan kepada peserta yang mengikuti pelatihan agar serius supaya usai pelatihan para kader benar-benar mampu meyulam kapalo samek dengan baik dan bisa menjadi mentor atau mengajarkan kepada masyarakat di nagari masing-masing.

"Saya selaku Ketua Dekranasda Tanah Datar telah berkoordinasi dengan Dekranas Pusat dan designer ternama, bagaimana upaya kita nantinya dapat menciptakan produk-produk kerajinan yang bernilai tinggi, dan dapat mengangkat perekonomian maupun budaya kita," katanya.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar, Wilda Anas mengatakan pelatihan sulaman kapalo samek juga merupakan tindak lanjut dari MoU antara Dinas Koperindag dengan TP PKK Tanah Datar.

Pelatihan ini juga untuk mendukung program unggulan daerah dalam menciptakan wira usaha baru agar bisa memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Saat ini kita melakukan pelatihan untuk mendukung program unggulan daerah dalam menciptakan wira usaha baru agar bisa memperbaiki kondisi perekonomian," katanya.