Kasus positif COVID-19 di Kota Payakumbuh terus melandai

id covid-19,payakumbuh

Kasus positif COVID-19 di Kota Payakumbuh terus melandai

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal. (ANTARA/HO)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mencatat bahwa jumlah kasus positif COVID-19 di daerah tersebut terus melandai dan kasus aktif hanya tinggal 40 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal di Payakumbuh, Selasa, mengatakan pada Senin (20/9) tidak ada penambahan kasus positif di daerahnya dan terdapat sembilan orang yang dinyatakan bebas dari isolasi.

"Dari tracing yang terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, yang hasilnya keluar kemarin (senin), tidak ditemukan penambahan kasus dan sembilan orang bebas isolasi," katanya.

Ia mengatakan bahwa hingga hari ini terdapat 40 kasus aktif dengan rincian 32 orang isolasi mandiri di rumah dan 8 orang dirawat di rumah sakit.

"Perkembangan kasus kita terus melandai, sampai hari ini sudah 27 kelurahan yang berstatus zona hijau di Payakumbuh," ungkapnya.

Meski kasus positif COVID-19 melandai, pihaknya terus mengingatkan kepada masyarakat tetap waspada jangan sampai lengah apalagi sampai menyepelekan penerapan protokol kesehatan.

"Karena apabila itu terjadi alamat kasus positif akan kembali melejit. Maka tetap terapkan 6M dalam kehidupan sehari-hari, konsumsi makanan sehat dan buah buahan," ujarnya.

Secara keseluruhan, total kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah mencapai 2.680 dan 2.582 telah dinyatakan sembuh atau bebas dari isolasi.

"Kalau yang dinyatakan meninggal sudah mencapai 53 orang, semoga ini tidak ada penambahan lagi. Mari bersama-sama kita jaga diri dan keluarga dengan terus mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Selanjutnya dia mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh agar secepatnya melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh.

"Serta untuk remaja juga telah bisa menerima vaksin COVID-19. Untuk vaksinasi diharapkan untuk remaja berusia 12-17 tahun agar secepatnya melaksanakan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh," ungkapnya.