Unand bekali mahasiswa baru pendidikan karakter dan revolusi mental

id Unand,PKKMB, mahasiswa baru, Bakti

Unand bekali mahasiswa baru pendidikan karakter dan revolusi mental

Rektor Unand Prof Dr Yuliandri sedang memberi arahan pada pembukaan PKKMB. Unand bekali mahasiswa baru pendidikan karakter dan revolusi mental. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang membekali 6.197 mahasiswa baru tahun ajaran 2021-2022 pendidikan karakter, bela negara hingga revolusi mental lewat Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PPKBM) secara hibrid yaitu langsung dan daring.

"Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar Universitas Andalas”, kata Rektor Unand Prof Yuliandri di Padang, Selasa

Menurutnya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dibingkai dalam rangkaian kegiatan Bimbingan Aktivitas Kampus dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) mahasiswa Unand 20210 pada 24-28 Agustus 2021.

Rektor Unand Prof Dr Yuliandri didampingi sivitas akademika pada pembukaan PKKMB tahun ajaran 2020/2021. Unand bekali mahasiswa baru pendidikan karakter dan revolusi mental. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)


Acara diisi pemaparan dari pemateri mulai soal kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembinaan kesadaran bela negara, pembinaan gerakan nasional revolusi mental, pendidikan karakter, dinamika perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0

Ia menyampaikan PKKMB Universitas Andalas 2021 memberi makna penting dengan mengambil tema “Kreativitas dan Inovasi Berkelanjutan sebagai Penggerak Akselerasi Adaptasi Kehidupan Baru”.

Rektor berharap lahir mahasiswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa

Ia berpesan mahasiswa Unand adalah agen perubahan dan pembangunan yang harus menebar informasi secara baik dan berkelanjutan tentang Unand yang diperlukan oleh masyarakat.

Suasana pada pembukaan PKKMB tahun ajaran 2020/2021. Unand bekali mahasiswa baru pendidikan karakter dan revolusi mental. (ANTARA/HO-Ikhwan Wahyudi)


Yuliandri juga mengingatkan soal bagaimana membangun tata krama hubungan antara dosen dan mahasiswa termasuk hubungan mahasiswa dengan sivitas akademika.

Sebagai seorang mahasiswa Unand, harus memahami kebebasan yang ada di kampus ini adalah kebebasan akademik dan mimbar akademik, bukan kebebasan yang didefinisikan menurut pemikiran sendiri, ujarnya.

Ia menyampaikan dalam masa Pandemi COVID-19 layanan akademik dan non akademik di Unand dilakukan secara daring/online.

Untuk perkuliahan pada semester ganjil 2021 dilakukan menggunakan learning management system (LMS) melalui fasilitas i-learn Unand.
Suasana pada pembukaan PKKMB tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan protokol kesehatan.. Unand bekali mahasiswa baru pendidikan karakter dan revolusi mental. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)
Sementara Wakil Rektor Unand bidang Kemahasiswaan Insanul Kamil, Phd menyampaikan kegiatan ini merupakan sarana yang diberikan agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan kehidupan kampus.

"Saya berharap para peserta busa menggali potensi diri dan menjadi mahasiswa seutuhnya," kata dia

Usai pembukaan mahasiswa baru mendapatkan pembekalan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB Letjen TNI Ganip Warsito soal kebencanaan dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam.

Suasana pada pembukaan PKKMB tahun ajaran 2020/2021. Unand bekali mahasiswa baru pendidikan karakter dan revolusi mental. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)