Yuk... menyelam, wisata bawah laut Pasaman Barat begitu indah (Video)

id berita pasaman barat,berita sumbar,selam

Yuk... menyelam, wisata bawah laut Pasaman Barat begitu indah (Video)

Pembina Persatuan Olahraga Penyelam Seluruh Indonesia (POPSI) Pasaman, Barat Decky H Sahputra saat melakukan penyelaman di bawah perairan laut Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas. Ia bersama teman-temannya berupaya mengenalkan keindahan alam bawah laut daerah itu. (Antarasumbar/POPSI Pasaman Barat.)

Menyelam bawah laut itu mengasikkan dengan pemandangan yang indah,
Simpang Empat (ANTARA) - Wisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) tidak hanya menyambangi pantai Sasak dan mendaki Gunung Talamau.

Namun wisata bawah laut di daerah itu belum banyak yang mengetahuinya. Padahal pemandangan bawah laut sangat indah.

"Menyelam bawah laut itu mengasikkan dengan pemandangan yang indah," kata Pembina Persatuan Olahraga Penyelam Seluruh Indonesia (POPSI) Pasaman Barat, Decky H Sahputra di Simpang Empat, Rabu.

Menurutnya penikmat wisata alam yang belum mencoba menyelam, tidak akan pernah tahu bahwa di laut Pasaman Barat khususnya bawah perairan laut Air Bangis terdapat pemandangan menakjubkan.

"Keindahan pemandangan di bawah perairan laut Pasaman Barat tidak akan pernah kita dapatkan saat dipermukaan. Kita bisa melihat ikan, udang dan fauna langka lainnya," sebutnya.

Pengalaman menyelam itulah membawanya semangat menggerakkan olahraga selam di Pasaman Barat.

"Saat ini saya sangat kecanduan dengan olahraga ini. Betapa indahnya wisata bahari Pasaman Barat ini," katanya.

Untuk itu, ia bersama pengurus lainnya akan membuat berbagai macam program agar olahraga ini semakin diminati dan mengenalkan wisata bahari Pasaman Barat keluar daerah.

Ia mulai melakukan penyelaman dan juga program menyelamatkan terumbu karang dengan transplantasi karang.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan yang sering disebut Fish Aggregation Device (FAD) yaitu suatu cara yang digunakan untuk mengubah suatu perairan yang sepi ikan menjadi perairan yang banyak ikan.

Ia menjelaskan, terumbu karang buatan tersebut ditanam di sekitar terumbu karang yang ada, sehingga nelayan tidak lagi menangkap ikan di terumbu karang, tetapi berpindah di terumbu karang buatan.

"Kami berharap masyarakat dan para nelayan kita juga ikut menjaga keutuhan hasil transplantasi terumbu karang ini, sehingga kedepan masyarakat dan para nelayan juga dapat merasakan hasilnya," harapnya.

Selain itu pihaknya akan menargetkan penanaman 1.000 miniatur rumah gadang di perairan laut Air Bangis Pasaman Barat.

"Semoga dengan program ini ke depannya ekosistem laut kita menjadi lebih baik, sehingga berdampak kepada penghasilan nelayan dan juga bisa menjadi ikon wisata khususnya wisata bahari Pasaman Barat," sebutnya.

Kedepannya pihaknya akan membuat program-program edukasi diving, seperti scuba diving course dan underwater photography course serta menyewakan alat-alat scuba diving.

"Kami mohon saran dan dukungan kegiatan ini dan program agar wisata bahar dikenal dan memajukan kepariwisataan Pasaman Barat," ujarnya.



Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021