Bukittinggi Fooddies bantu promosi UMKM lewat instagram

id bukittinggi fooddies, berita bukittinggi, berita sumbar

Bukittinggi Fooddies bantu promosi UMKM lewat instagram

Ilustrasi media sosial di telepon pintar.. ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/am.

Bukittinggi (ANTARA) - Akun instagram BukittinggiFooddies yang fokus menayangkan info seputar kuliner di Kota Bukittinggi memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM di kota itu untuk promosi lewat akun instagram.

"Saat pandemi ini dengan pemberlakuan PPKM Darurat, banyak UMKM yang kehilangan pelanggan karena pembatasannya, untuk itu kami mencoba membantu usaha UMKM khususnya di bidang kuliner untuk berkembang lewat promosi online," kata salah seorang Admin Bukittinggi Fooddies, Haris Alfa di Bukittinggi, Senin.

Ia mengatakan UMKM yang dulunya bersifat offline atau hanya mengandalkan pengunjung yang datang membeli, kini bisa menambah pelanggannya melalui sarana internet yang dipromosikan langsung bersama grup media sosial di Bukittinggi.

"Jadi, UMKM ini bisa lebih mengembangkan usahanya melalui media sosial terkenal di Bukittinggi, seperti Grup Kaba Bukittinggi, Info Sumbar dan lainnya," kata dia.

Haris Alfa menjelaskan, saat ini telah ada sebanyak 200 UMKM yang di promosikan dan sudah direpost serta pendaftaran UMKM tersebut masih berjalan hingga kini.

Ia berharap saat pandemi dan PPKM ini, semakin banyak masyarakat yang berkontribusi untuk membantu UMKM untum bisa menuju layanan online.

"Selain itu, harapan kami juga agar semakin banyak masyarakat di Sumatera Barat yang mencoba dan membiasakan belanja Online ke UMKM di sekitarnya agar semua pengusaha kecil dan menengah bisa terbantu," kata dia.

Belanja secara online ini juga disesuaikan dengan aturan PPKM saat ini agar pembeli dan penjual tetap bisa di rumah saja, masyarakat bisa memanfaatkan jasa kurir dan transportir lokal atau fasilitas gratis ongkir yang banyak disediakan oleh UMKM saat ini.

"Dalam proses tranformasi ini, kami melihat dari tiga unit yaitu UMKM, kurir dan masyarakat yang berproses, UMKM dan Kurir sudah banyak melakukannya, kini tinggal masyarakat yang perlu lebih bersemangat dengan belanja online dari rumah," kata dia.

Saat ini sudah ada delapan unit jasa kurir yang berpartisipasi dalam gerakan dengan titel UMKM Go Online itu.

Proses pendaftaran UMKM untuk mendapatkan layanan Online ini cukup sederhana, masyarakat hanya diminta mengirim foto jenis UMKM melalui nomor kontak yang disediakan.

"Mudah-mudahan dengan terwujudnya transformasi UMKM Go Online ini dapat menjadi harapan baru untuk menggerakkan kembali roda perekonomian di masa pandemi dan PPKM seperti saat ini, InsyaAllah kami akan terus melakukan gerakan dan sosialisasi melalui program berbeda," kata dia.