Air Kacang, Minuman Sehat Pelepas Dahaga Saat Puasa

id berita sumbar,berita padang,aia aka padang

Air Kacang, Minuman Sehat Pelepas Dahaga Saat Puasa

Air Kacang, Minuman Sehat Pelepas Dahaga Saat Puasa

Padang (ANTARA) - Selain dikenal alam dan budaya, Sumatera Barat juga dikenal dengan beraneka ragam kuliner tradisional yang tersebar di seluruh daerahnya.

Salah satu kuliner tersebut adalah aia kacang, aia tawa atau ada juga yang menyebutnya aia aka.

Aia Kacang merupakan sari pati dari perasan daun cincau yang sudah mengental, bagi masyarakat aia kacang dikenal sebagi minuman yang memiliki khasiat terhadap kesehatan.

"Aia kacang dipercaya dapat menurunkan panas dalam, selain itu juga dapat memperlancar pencernaan," kata salah seorang pedagang aia kacang, Rahmi di Pasar Alahan Panjang, Kamis (15/4).

Aia Kacang ini memiliki bentuk layaknya cendol dan bertekstur kenyal layaknya agar-agar. Rasanya yang enak dan segar, membuat aia kacang pas sekali untuk melepaskan dahaga setelah seharian menjalani ibadah puasa.

Karena bahan-bahan yang digunakan berasal dari daun cincau yang dicampur dengan beberapa bahan lain, seperti, telur, gula merah, santan, air daun kacang dan asam.

Rahmi mengatakan dalam satu hari bisa menjual puluhan gelas aia kacang kepada pelanggannya. Selain minum di tempat banyak juga yang dibungkus untuk diminum di rumah masing-masing.

Biasanya dia mulai berjualan mulai siang hingga sore hari. Segelas aia kacang dijualnya seharga Rp5000 pergelas.