Bukittinggi terapkan pendidikan berbasis akidah selama Ramadhan

id ramadhan,bukittinggi

Bukittinggi terapkan pendidikan berbasis akidah selama Ramadhan

Kegiatan belajar tatap muka dengan protokol kesehatan di sekolah di Bukittinggi. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, menyelenggarakan pendidikan karakter berbasis akidah selama Ramadhan 1442 H untuk meningkatkan ibadah dan ilmu agama bagi seluruh pelajar di daerah itu.

"Kami memprogramkan implementasi pendidikan karakter berbasis akidah dan seluruh kegiatan bertema Ramadhan yang diatur oleh seluruh satuan pendidikan," kata Kepala Disdikbud Kota Bukittinggi Melfi Abra di Bukittinggi , Rabu .

Ia menambahkan bahwa ada juga program khusus yang diselenggarakan pada tanggal 26 hingga 28 April untuk tingkat SMP sederajat yang dilaksanakan di masjid terdekat di setiap sekolah.

Sedangkan untuk tingkat SD dan SMA diberikan kewenangan kepada masing-masing sekolah untuk program pendidikan dengan tetap mengusung tema Ramadhan.

Menurutnya program pendidikan selama Ramadhan diisi dengan kegiatan pembelajaran bertema agama baik berupa ilmu teori dan praktek ibadah .

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan belajar tetap menerapkan protokol kesehatan dan membatasi jumlah siswa .

Disdikbud Kota Bukittinggi telah menjadwalkan kegiatan belajar mengajar dengan mengirimkan surat edaran kepada masing-masing sekolah.

Dalam keterangannya Disdikbud menjadwalkan libur awal Ramadhan mulai 12-14 April , dan libur lebaran pada 10-20 Mei .

"Jadi selama proses belajar mengajar sejak 15 April hingga 9 Mei nanti, benar benar kita minta kepada siswa untuk memanfaatkan waktu untuk beribadah sambil belajar, patuhi aturan sekolah dan senantiasa berbuat baik," katanya.

Disdikbud Kota Bukittinggi menghadirkan narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) , Kemenag, tokoh adat dan tokoh agama sebagai pemateri bagi siswa dalam program khusus Ramadhan.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar