Kebakaran awal Ramadhan di Kamang, satu korban tewas

id kebakaran,damkar agam

Kebakaran awal Ramadhan di Kamang, satu korban tewas

Kebakaran di Kamang yang membuat seorang warga tewas. (ANTARA/HO)

Bukittinggi (ANTARA) - Satu warga Dusun Kapecong, Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat meninggal dunia akibat kebakaran yang menghanguskan satu rumah kayu pada Senin malam.

Wali Jorong Halalang, Desmon (30) di Kamang , Selasa, mengatakan kebakaran yang terjadi pukul 23.35 WIB itu saat sebagian besar warga tidur setelah melaksanakan shalat Tarawih di awal Ramadhan dan menghanguskan satu rumah kayu yang dihuni oleh Muhammad Nazir (85).

"Saya bersama warga lainnya baru menyadari adanya kebakaran disaat api sudah membesar , korban tidak terselamatkan karena kobaran api yang cepat menjalar di rumah kayu ini," katanya.

Ia menjelaskan korban tinggal di rumah kayu yang belum teraliri listrik tersebut sendirian.

"Biasanya korban tinggal bersama keponakannya di Nagari Batagak, tetapi sebulan terakhir ini memilih tinggal sendirian di rumah kayu ini," katanya.

Api berhasil dipadamkan berkat kerja sama warga dan pemadam kebakaran yang segera meluncur ke lokasi.

"Sebanyak tiga armada dari pemadam kebakaran Kabupaten Agam dan satu unit dari Kota Bukittinggi berhasil menjinakkan api agar tidak meluas," kata Kasat Pol PP dan Damkar Agam, Kurniawan di Bukittinggi Selasa.

Menurutnya kerugian dengan kejadian yang menghabiskan satu rumah kayu ukuran 5×7 meter ini mencapai Rp70 juta.

Ia mengimbau kewaspadaan warga untuk selalu berhati hati di saat Ramadhan karena kesibukan memasak baik saat berbuka ataupun sahur.

"Jangan sampai warga bertangisan di Ramadhan ini, pastikan mematikan kompor, tungku masak, dan obat nyamuk bakar dan senantiasa mewaspadai keamanan di rumah," katanya.