Yakub Saguruk terpilih aklamasi pimpin Golkar Mentawai

id Golkar, Mentawai, Sumbar

Yakub Saguruk terpilih aklamasi pimpin Golkar Mentawai

Sekretaris Partai Golkar Sumbar, Desra Ediwan AT menyerahkan panji Partai Golkar pada Yakub Saguruk usai terpilih secara aklamasi pada Musda V yang digelar di Padang, Sabtu (20/3). (ANTARA/HO-Golkar)

Padang, (ANTARA) - Yakub Saguruk terpilih secara aklamasi sebagai ketua Partai Golkar Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam Musyawarah Daerah (Musda) V yang digelar di Padang, Sabtu (20/3)

"Saya siap maju sebagai calon bupati pada pemilihan serentak 2024 yang tahapan pelaksanaannya beririsan dengan pelaksanaan Pemilu legislatif dan presiden,"kata dia.

Ia mengatakan sebelum maju sebagai calon kepala daerah, diringa bersama seluruh kader berjuang keras membawa kemenangan bagi Partai Golkar di Mentawai.

"Minimal empat kursi parlemen akan kita raih dari hanya dua kursi di periode 2019-2024," kata dia.

Musda V ini dibuka Ketua Partai Golkar Sumbar Khairunnas didampingi Sekretaris Desra Ediwan dan Bendahara Erick Hariyona.

Kemudian anggota fraksi Golkar DPRD Sumbar Oerdanalis Kobal, Badan Saksi Nasional Sumbar Andi Mastian, Plt Partai Golkar Mentawai Nisfan Jumadil dan pengurus lainnya.

Sementara, Musda V dengan lima agenda pleno itu sendiri yang dipimpin Wakil Sekretaris yang juga juru bicara Partai Golkar Sumbar, Aguswanto dengan anggota Erwin Pribadi, Kristinus, Masimo dan Maralus.

Dirinya berharap soliditas pengurus hingga kader tingkat desa semakin kuat dan menyukseskan agenda partai secara nasional yaitu menghantarkan Airlangga Hartato sebagai presiden.

Sementara, Ketua Partai Golkar Sumbar Khairunnas meminta ketua segera menyiapkan infrastruktur partai hingga tingkat desa dan menyiapkan saksi partai di seluruh TPS yang ada di Mentawai pada Pemilu 2024 nanti.

"Musda Mentawai ini merupakan yang ke-18 dari 19 kabupaten/kota di Sumbar dan tersisa Kota Bukittinggi yang belum Musda. Konsolidisi yang berjalan tanpa gejolak berarti ini, menandai mulusnya jalan menuju kemenangan di setiap agenda politik Partai Golkar Sumbar kedepan," kata dia.

Yakub kemudian langsung didapuk sebagai ketua formatur bersama empat orang anggota yaitu Erwin Pribadi sebagai perwakilan pengurus provinsi), Masimo dan Maralus dua orang pengurus kecamatan serta Kristinus organisasi yang mendirikan/didirikan Partai Golkar

Sekretaris Golkar Sumbar Desra Ediwan mengatakan Yakub bersama anggota formatur, diberikan tenggat waktu dua pekan untuk membentuk kepengurusan periode 2020-2025 dan menyelesaikan konsolidasi organisasi hingga Agustus

Dirinya mewanti-wanti selain membentuk pengurus hingga tingkat desa, juga harus menyiapkan kader yang akan ditugaskan sebagai saksi.

"Setiap saksi yang ditunjuk, harus bermukim di sekitar TPS. Mereka langsung didaftarkan ke BSN (Badan Saksi Nasional) provinsi dan akan langsung dibuatkan kartu anggotanya," kata dia.

Dirinya berharap Yakub memanfaatkan ajang konsolidasi internal ini, sebagai ajang memperkenalkan secara massif Partai Golkar ke seluruh lapisan masyarakat Mentawai.

"Laksanakan musyawarah kecamatan sesuai petunjuk teknis yang ada. Jangan main tunjuk tunjuk saja," kata dia

Mendapatkan tantangan itu, Yakub menyatakan, siap memenuhi target waktu konsolidasi ini dan berharap kurang dari dua pekan, pengurus telah terbentuk. Selanjutnya, secara marathon akan menggelar musyawarah tingkat kecamatan dan desa.

"Pekerjaan Rumah pertama saya adalah membentuk pengurus sampai tingkat desa hingga Agustus 2021 ini sebagaimana ditargetkan pengurus provinsi. Saya minta semua kader untuk saling bekerjasama mewujudkan target ini," tegasnya.

Selain itu, dirinya akan mempersiapkan kader terbaik yang akan bertarung memperebutkan kursi parlemen di Pemilu 2024.

"Pengunduran jadwal Pilkada ke tahun 2024, sebuah momentum yang harus dimanfaatkan demi kemenangan Partai Golkar di Mentawai nanti. Kerja besar ini perlu soliditas dan kerjasama seluruh kader," katanya. (*)