Bank Nagari tetapkan Komisaris Utama baru

id Bank Nagari,RUPSLB, komut, bpd

Bank Nagari tetapkan Komisaris Utama baru

RUPSLB Bank Nagari tetapkan Komut dan komisaris independen. (Antara/HO-hmsbn)

Padang (ANTARA) - Bank Nagari telah menetapkan Komisaris Utama dan Komisaris Independen yang baru untuk periode 2021 sampai 2024.

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Bank Nagari yang berlangsung pada 16 Maret, Benni Warlis di tetapkan sebagai Komisaris Utama (Komut) Bank Nagari periode 2021–2024.

"Masa jabatan Dewan Komisaris Bank Nagari terhitung sejak ditutupnya rapat dan berakhir pada 16 Maret 2024," ujar Pemimpin Divisi Sekretaris Bank Nagari, Idrianis, dalam siaran persnya, Rabu (17/3).

Sementara itu, yang terpilih sebagai Komisaris Independen adalah Manar Fuadi yang sebelumnya adalah Direktur Dana Pensiun Bank Nagari dan mantan Pemimpin Cabang Utama Bank Nagari.

Sedangkan Komisaris Utama yang baru Benny Warlis merupakan birokrat dan menjabat sebagai Asisten II (Bidang Ekonomi dan Pembangunan) Setdaprov.

"Kami berharap dengan kehadiran Komut dan Komisaris Independen yang baru sebagai perpanjangan tangan para pemegang saham, dapat membawa angin segar dalam meningkatkan kinerja Bank Nagari ke depan, dan dapat bersinergi dengan pihak manajemen untuk kemajuan bagi Bank Nagari" harap Idrianis.

Dengan penetapan tersebut, maka RUPS LB juga memberhentikan dengan hormat Dewan Komisaris Bank Nagari periode 2018-2021, yaitu Hamdani (Komisaris Utama), Nazwar Nazir (Komisaris Independen), dan Zulhefi (Komisaris), Yondrival (Komisaris).

RUPS LB itu dihadiri oleh para pemegang saham dari kabupaten dan kota, termasuk Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah.

Ia mengatakan penetapan Benni dan Manar di Dewan Komisaris Bank Nagari melalui

proses yang cukup panjang.

Sebelumnya, sebanyak delapan nama dari dua belas calon, berhasil lolos seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Calon Anggota Komisaris Bank Nagari.

Ketua Panitia Seleksi Anggota Komisaris PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (BPD) Sumbar periode tahun 2021-2024, Drs. Alwis menyebutkan Gubernur Sumbar pada 30 November melalui keputusan nomor 500-639-2020 lalu sudah menetapkan PT Total Inti Solution sebagai Lembaga Konsultan Independen sebagai pelaksana UKK atau asesmen terhadap 12 bakal calon anggota komisaris Bank Nagari.

Rangkaian asesmen tersebut terdiri dari tes psikologi, pembuatan makalah dan uji keahlian, wawancara berbasis kompetensi dan panel wawancara teknis. Kegiatan UKK dihadiri oleh 12 calon yang yang telah lulus seleksi administrasi sebelumnya.

Adapun delapan calon komisaris yang lulus seleksi UKK, dan berhak mengikuti seleksi untuk tahap selanjutnya adalah Benni Warlis, Manar Fuadi, Rosail Akhyari Pardomoan, Oskar, Irsad, Edrizanof, dan Armeyn dan Hendri.