Rakor bupati/wali kota dengan gubernur, ini usulan Tanah Datar

id tanah datar,berita tanah datar

Rakor bupati/wali kota dengan gubernur, ini usulan Tanah Datar

Gubernur Sumbar Mahyeldi (kiri) dan Bupati Tanah Datar Eka Putra (kanan). (Antara/HO-Humas Tanah Datar)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengusulkan pembangunan embung dan perbaikan jalan provinsi di daerah itu yang mengalami kerusakan.

"Kami mengusulkan ke Pemerintah Provinsi untuk pembangunan infrastruktur seperti pembangunan embung dan perbaikan ruas jalan provinsi," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat Rakor Kepala Daerah se Sumatera Barat di Padang Senin (8/3).

Ia mengharapkan pemprov mendukung program prioritas pembangunan yang direncanakan Pemkab Tanah Datar karena program prioritas pembangunan tahun 2022 di kabupaten itu secara prinsip juga mendukung dan selaras dengan program unggulan provinsi.

"Secara prinsip program prioritas pembangunan Tanah Datar mendukung dan selaras dengan program pemerintah provinsi. Beberapa program sudah dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, namun perlu dukungan penganggaran juga dari APBD Provinsi," katanya.

Ia mengatakan sebagai salah satu contoh program unggulan kesamaan antara Kabupaten Tanah Datar dengan provinsi yakni dalam menciptakan wirausaha baru.

Kalau di Tanah Datar akan menciptakan 1000 wirausaha baru sedangkan program unggulan provinsi yakni mencetak 100.000 milenial enterprenuer dan woman enterprenuer serta pelaku ekonomi kreatif.

"Melalui forum ini kami usulkan program atau kegiatan untuk dibiayai APBD Provinsi baik di bidang pembangunan sumber daya manusia, sosial kemasyarakatan, pertanian, perdagangan dan UMKM, ekonomi kreatif dan pariwisata, serta infrastruktur," katanya.

Sementara Gubernur Mahyeldi mengatakan Tanah Datar adalah salah satu daerah di Sumatera Barat yang punya daya tarik pariwisata yang luar biasa yang tersebar di berbagai tempat.

Untuk itu pihaknya akan memprioritaskan membuka akses dan perbaikan jalan serta memperlebar jalan di Tanah Datar.

"Untuk Tanah Datar prioritasnya adalah membuka akses dengan perbaikan jalan atau memperlebar jalan, jika akses sudah baik maka sektor lain juga akan bergerak, untuk itu kita akan bantu untuk menganggarkan," katanya.

Ia mengharapkan untuk permasalahan pembebasan lahan pihak pemerintah kabupaten bisa segera menyelesaikan sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan.