Bupati yakini UNP kampus Pesisir Selatan akan berkembang pesat

id berita pesisir selatan,berita sumbar,unp

Bupati yakini UNP kampus Pesisir Selatan akan berkembang pesat

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama Rektor UNP, Profesor Ganefri. (antarasumbar/Didi Someldi Putra)

Akses jalan di Pesisir Selatan semakin baik, seperti dari Sungai Penuh, Jambi dan juga dari Mukomuko, Bengkulu,
Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meyakini kampus Universitas Negeri Padang (UNP) yang akan didirikan di daerah setempat akan berkembang dengan pesat karena akses jalan yang semakin baik.

"Akses jalan di Pesisir Selatan semakin baik, seperti dari Sungai Penuh, Jambi dan juga dari Mukomuko, Bengkulu," kata Hendrajoni di Painan, Jumat.

Selain itu pembangunan jalan tembus dari daerah setempat ke Kabupaten Solok yang diperkirakan tuntas pada 2021 juga akan berkontribusi terhadap UNP.

"UNP sudah begitu familiar bagi masyarakat tidak hanya Sumatera Barat namun juga Indonesia, dengan adanya akses jalan yang baik tentu keinginan untuk kuliah di UNP semakin tinggi," tambah dia.

Ia menyebut sebelumnya pada Kamis (24/9) pihaknya bersama Rektor UNP, Profesor Ganefri menandatangani kesepakatan pembukaan kampus baru di Pesisir Selatan.

Mendukung kegiatan tersebut, pemkab setempat memanfaatkan beberapa gedung yang sebelumnya digunakan oleh Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan yang berkedudukan di Sago, Kecamatan IV Jurai.

"Kami akan melengkapi prasarana pendukung secara bertahap seperti pembangunan jalan lingkar beraspal dan lainnya, termasuk berkomunikasi dengan pejabat di lintas kementerian terkait upaya penambahan sarana inti seperti gedung," ungkapnya.

Program Studi (Prodi) yang dibuka di kampus UNP Pesisir Selatan akan melanjutkan prodi yang dirintis Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan namun dengan jenjang hingga Diploma IV.

Ia menjelaskan dengan adanya kampus UNP di daerah setempat maka akan semakin menggeliatkan pembangunan. Karena selain sektor pariwisata, sektor pendidikan juga akan menjadi magnet kedatangan banyak orang ke Pesisir Selatan.

"Saya meyakini kegiatan ini akan menggeliatkan ekonomi di Pesisir Selatan karena berbagai usaha akan bermunculan seperti kos-kosan, rumah makan dan lain sebagainya dan kami dari pemerintah daerah akan mengawal penuh kelanjutan kerjasama dengan UNP," tambahnya.***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar