UNP sambut tim Universitas Jambi studi banding

id UNP, Unja, BLU, kampus

UNP sambut tim Universitas Jambi studi banding

Rektor UNP Prof. Ganefri saat bertukar cendera mata dengan Wakil Rektor 4 Universitas Jambi Prof. Rayandra saat studi banding. (Antara/hmsunp)

Padang (ANTARA) -

Universitas Jambi yang kini sudah berstatus Badan Layanan Umum (BLU) ingin melihat proses implementasi remunerasi serta belajar mengenai kampus merdeka belajar dengan melakukan studi banding di Universitas Negeri Padang (UNP).

“Tim Universitas jambi ingin melihat proses implementasi remunerasi di UNP sebab mereka akan membayarkan remunerasi tersebut pada Januari mendatang,” ujar Kabag Humas UNP Novi Elvida di Padang, Jumat.

Ia menambahkan, selain remunerasi tim Universitas jambi juga ingin belajar mengenai kampus merdeka belajar serta pengelolaan kolam berenang.

“Karena sama-sama BLU jadi mereka juga ingin belajar bagaimana cara mendapatkan uang masuk,” katanya.

Kemudian ia mengatakan bahwa kedatangan tim Universitas Jambi disambut oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. di ruang sidang senat Rektorat Kampus UNP pada 9 September 2020.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D.menjelaskan tentang proses remunerasi bagi dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Negeri Padang setelah Universitas Negeri Padang berstatus sebagai universitas BLU.

“Dulunya Universitas Negeri Padang juga belajar mengenai proses remunerasi ini dari universitas lain,” katanya.

Selain itu ia mengatakan bahwa beberapa tahun lalu, UNP sudah memiliki nota kesepahaman dengan Universitas Jambi dan perlu ditingkatkan dan diimplementasikan.

“Pada saat ini Universitas Negeri Padang sedang proses pengajuan proposal PTNBH karena dengan status PTNBH, universitas bisa mengimplementasikan kampus merdeka," tambahnya.

Terkait studi banding tersebut, Wakil Rektor 4 Universitas Jambi Prof. Rayandra yang menjadi ketua tim pada kegiatan tersebut mengatakan UNP memang harus salah satu universitas untuk studi banding bagi Universitas Jambi karena UNP sudah melakukan pembayaran remunerasi dan perkembangan pembangunan yang pesat.

"Karena Universitas Jambi sudah berstatus BLU, kami berusaha untuk mengimplementasikan pembayaran remunerasi bagi dosen dan tenaga kependidikan," ungkapnya saat melakukan studi banding di Padang, pada 9 September 2020.

Selain itu ia menambahkan bahwa Universitas Negeri Padang dan Universitas Jambi perlu bekerja sama untuk mewujudkan kurikulum merdeka belajar tersebut.

"Tim Universitas Jambi akan mengumpulkan banyak informasi program merdeka belajar, remunerasi, pembangunan kolam renang, perkembangan pembangunan fisik, dan akreditasi internasional," tambahnya.