Unja siapkan lahan pemakanan "Makam Taman Firdaus" untuk keluarga besar kampus

id lahan pemakaman

Unja siapkan lahan pemakanan "Makam Taman Firdaus" untuk keluarga besar kampus

Salah satu pemakaman. (FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra)

Gagasan ini muncul untuk menjaga ikatan silaturahim antara keluarga besar pensiunan dosen dan karyawan Unja. Biasanya setelah pensiun banyak berpencar-pencat, namun dengan adanya pemakaman Taman Firdaus ini minimal setahun sekali para pensiunan atau
Jambi, (Antara) - Universitas Jambi (Unja) menyiapkan lahan pemakanan diberi nama "Makam Taman Firdaus" dengan luas 1,5 hektare untuk pusara anggota keluarga besar kampus itu di Desa Mendalo Laut, Kecamatan Jaluko Kabupaten Muarojambi, sebagai upaya ikatan silaturahim.

"Gagasan ini muncul untuk menjaga ikatan silaturahim antara keluarga besar pensiunan dosen dan karyawan Unja. Biasanya setelah pensiun banyak berpencar-pencat, namun dengan adanya pemakaman Taman Firdaus ini minimal setahun sekali para pensiunan atau keluarganya bisa bertemu bersilaturahim saat berziarah pada hari lebaran," kata Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan di Jambi, Sabtu.

Menurut dia, penyiapan lahan pemakaman itu salah satu dari banyak cara yang bisa dilakukan individu atau institusi dalam menjaga silaturahim keluarga besarnya untuk tetap merasa satu ikatan dan saling bertemu dalam berbagai kesempatan.

Meski hal itu bukan satu-satunya cara, namun menurut dia penyediaan lahan pemakaman bagi keluarga besar Unja tersebut juga merupakan bagian dari apresiasi kepada para pensiunan dan keluarganya atas pengabdian besarnya selama bertugas untuk perguruan tinggi negeri tertua di Provinsi Jambi itu.

Lahan pemakaman yang saat ini masih kosong itu, kata Johni letaknya di seberang kampus Unja Pinang Masak Mendalo. Tepatnya berdampingan dengan lahan taman pemakaman umum Mendalo.

"Lahan itu dikelola dan diurus langsung oleh petugas dari kita," katanya.

Saat ini, di bagian depan lahan tersebut, telah dipasangi tugu dan plang dari porselin hitam bertuliskan huruf berwarna kuning "Makam Taman Firdaus" Keluarga Besar Universitas Jambi.

"Rencana tempat pemakaman untuk keluarga besar pensiunan Unja dan keluarganya ini sudah lama, dan baru kita realisasikan. Kami berharap ini menjadi kebaikan bagi semuanya dan ikatan silaturahim tetap bisa terjalin di antara keluarga besar pensiunan," katannya. (*)