UNP resmi mulai perkuliahan daring pada 31 Agustus 2020

id UNP, kuliah,kuota gratis, mahasiswa

UNP resmi mulai perkuliahan daring pada 31 Agustus 2020

Wakil Rektor I UNP Dr. Refnaldi, M.Litt (ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang telah memutuskan untuk memulai kembali perkuliahan Semester Juli-Desember 2020 pada 31 Agustus untuk mahasiswa angkatan tahun 2019 ke bawah, dan untuk mahasiswa baru akan dimulai pada 14 September 2020.

Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt mengatakan perkuliahan itu akan dilakukan dengan pertimbangan bahwa perkuliahan dilaksanakan secara daring penuh, saat dikonfirmasi di Padang, Kamis.

“Nanti bagi mata kuliah praktikum yang memang memerlukan kehadiran mahasiswa dilihat ataupun di workshop maupun di bengkel, mereka diberi kesempatan untuk datang ke kampus pada minggu ke 10 sampai minggu ke15,” katanya.

Ia mengatakan bagi mahasiswa yang datang ke kampus untuk praktek nantinya harus mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker serta kapasitas tempat praktek harus 50 persen maksimum.

“Sementara itu untuk mata kuliah teori kita sudah putuskan semuanya daring. Namun untuk praktikum juga kami anjurkan di awal-awal perkuliahan ini dosennya membuat semacam tutorial dan memberikan tugas-tugas praktikum ditempat masing-masing sehingga kedatangan mereka pada minggu ke 10 itu hanya untuk validasi atau ujian saja,” jelasnya.

Namun menurutnya, hal tersebut baru perencanaan dan apabila kedepannya terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang luar biasa kebijakan ini nantinya bisa ditinjau lagi.

Ia mengatakan kelebihan belajar daring ini adalah bisa menerapkan berbagai model pembelajaran terutama yang mengimplementasikan teknologi atau IT didalamnya.

Meski begitu ia juga tidak memungkiri adanya kekurangan dari metode daring ini seperti tidak bisa bertemu langsung dengan orangnya serta kebutuhan paket data akan semakin meningkat.

Untuk itu, ia mengatakan bahwa untuk memperlancar aktivitas belajar daring tersebut, pihak UNP memberikan subsidi kepada seluruh mahasiswa berupa kuota internet 10GB.

“Mahasiswa cukup menyediakan kartu telkomsel dan mengisi kuesioner kemudian secara otomatis setiap awal bulan kuota 10GB akan masuk ke nomor mereka,” katanya.