Jelang Idul Adha harga bahan kebutuhan pokok di Pariaman stabil

id Gusniyetti Zauinit,harga bahan kebutuhan pokok di pariaman,berita pariaman,pariaman terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Jelang Idul Adha harga bahan kebutuhan pokok di Pariaman stabil

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zauinit. (ANTARA/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Harga bahan kebutuhan pokok di Kota Pariaman, Sumatera Barat relatif stabil menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah karena pasokan yang mencukupi.

"Jika tahun sebelumnya memasuki lebaran Idul Adha harga cabai dan bawang merah mengalami kenaikan, sekarang stabil," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Senin.

Bahkan stabilnya harga bahan kebutuhan pokok ini sudah terpantau pasca-Lebaran Idul Fitri lalu.

Pada lebaran Idul Fitri harga bawang merah di Pariaman mencapai Rp50 ribu hingga Rp60 ribu perkilogram, namun sekarang berada pada Rp18 ribu hingga Rp20 ribu perkilogram, sedangkan harga cabai sekarang berkisar Rp18 ribu hingga Rp20 ribu perkilogram.

Sedangkan telur, lanjutnya dalam beberapa bulan terakhir Rp55 ribu per rak, namun sekarang Rp45 ribu per rak. Lalu untuk harga gula di Pariaman mencapai Rp13 per kilogram.

Selanjutnya harga ayam potong di Pariaman masih tinggi yaitu Rp23 ribu perkilogram yang biasanya sekitar Rp18 ribu dan hal tersebut terjadi karena kurangnya ketersediaan ayam di tingkat pedagang.

Namun kata dia, secara umum ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Pariaman masih aman untuk Hari Raya Idul Adha sehingga warga di daerah itu tidak perlu khawatir.

Ia juga menyampaikan meskipun harga kebutuhan pokok di Pariaman sudah menunjukkan penurunan, namun daya beli masyarakat masih rendah akibat COVID-19.

Sebelumnya harga bawang merah di Kota Pariaman mulai turun dari Rp60 ribu perkilogram pada Mei menjadi Rp28 ribu per kilogram seiring dengan datangnya stok bahan kebutuhan itu dari Jawa.

"Harga bawang di Pariaman sudah mulai stabil," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit.

Ia mengatakan pada awal Juli harga bawang merah di Pariaman Rp34 ribu perkilogram, namun kemarin harga kebutuhan pokok itu kembali mengalami penurunan menjadi Rp28 ribu perkilogram. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar