FIP UNP adakan webinar untuk tingkatkan peran mahasiswa pada era new normal

id UNP,FIP,Rektor,ganefri,COVID-19, Sumbar terkini

FIP UNP adakan webinar untuk tingkatkan peran mahasiswa pada era new normal

Suasana webiner digelar FIP UNP (ANTARA/Humasunp.doc)

Padang (ANTARA) - Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Desyandri, S.Pd.,M.Pd dengan melibatkan Pembina dan Pengurus organisasi mahasiswa di lingkungan FIP UNP menyelenggarakan Webinar Nasional Mahasiswa Kamis (11/6).

Webinar ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan peran serta mahasiswa dalam mendukung kebijakan kenormalan baru (new normal) di masa COVID-19, dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Memperkokoh Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Era New Normal”.

Acara yang berlangsung dari pukul 13.30 hingga 15.30 ini mengundang dua tokoh nasional dan pendidikan yang peduli dengan masalah kepemudaan, yaitu: Dr. H. Anwar Abbas, MM., M.Ag sebagai Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia periode 2015-2020 dan Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd., selaku Koordinator Program Studi S3 Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Pendidikan dari Walikota Padang tahun 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP, Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd. dan Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. dan dilaksanakan secara daring melalui akun aplikasi video konferensi dan disiarkan melalui Youtube UNP Video Streaming.

Dekan FIP UNP Prof. Rusdinal melaporkan bahwa agenda ini diikuti oleh 3345 orang mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Peserta terdiri dari mahasiswa di berbagai universitas, pegawai Kementerian ESDM RI, Kementrian Agama, Kementrian Sosial, dan Biro Pusat Statistik, serta guru dan dosen di beberapa sekolah dan perguruan tinggi, tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, saat memberi sambutan dan membuka acara menyampaikan apresiasi positif terhadap upaya yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dalam mengangkatkan webinar mahasiswa ini sebagai usaha untuk kembali hidup normal di tengah ancaman COVID-19.

“Mahasiswa sebagai penerus bangsa dan agen perubahan diharapkan dapat berperan memberikan edukasi kepada masyarakat sebab pandemi ini telah mengganggu rasa persatuan dan kesatuan bangsa ketika kesulitan ekonomi, sosial, dan politik menjadi dampak dari COVID-19,” ungkapnya.