Dosen KTP UNP gelar pelatihan pembuatan media pembelajaran di SMAN 1 X Koto

id UNP, FIP, bahan ajar, kurikulum, dosen, pemgabdian

Dosen KTP UNP gelar pelatihan pembuatan media pembelajaran di SMAN 1 X Koto

Tim Dosen Kurikulum dan Teknologi FIP UNP melalukan pemgabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan buat bahan hajar. (ANTARA-HO-TIM)

Padang (ANTARA) - Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan Canva bagi Guru di SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Pelatihan ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Rahmi Pratiwi, M.Pd. (Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan), Winanda Amilia, S.Pd., M.Pd.T. (Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan) dan Luthfiani, M.Pd. (Dosen Administrasi Pendidikan).

Kegiatan pelatihan ini juga melibatkan dua orang mahasiswa Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yaitu Salma Azzati Zahra dan Vini Lovita.

Tim Dosen Kurikulum dan Teknologi FIP UNP melalukan pemgabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan buat bahan hajar. (ANTARA-HO-TIM)
Acara pelatihan ini dibuka oleh Rahmi Pratiwi, M.Pd. selaku ketua tim pelaksana. Dalam menyampaikan laporan kegiatan, Rahmi mengatakan tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah berbagi ilmu tentang urgensi media pembelajaran sebagai salah satu komponen dari Standar Proses Pembelajaran.

“Pada pelatihan ini akan dipraktekkan penguhuaan aplikasi Canva sebagai aplikasi dalam mengembangkan media pembelajaran. Canva sudah tidak asing lagi pada saat sekarang. Aplikasi Canva mudah digunakan bagi pemula, karena banyak template yang disediakan dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran” kata Rahmi.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru dan tenaga pendidik di SMAN X Koto yang berjumlah 35 orang. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 12 Agustus 2023 sampai dengan 16 Agustus 2023 secara blended learning, satu hari kegiatan tatap muka dan empat hari kegiatan online. Narasumber dari pelatihan ini adalah Winanda Amilia, S.Pd., M.Pd.T. dan Alkadri Masnur, M.Kom.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 X Koto Abdul Halim, S.Pd. mengatakan besar harapannya untuk para peserta pelatihan agar pelatihan yang diberikan bisa bermanfaat dan diterapkan dalam proses pembelajaran.

“Kami berharap kerjasama antara SMAN 1 X Koto dan Universitas Negeri Padang bisa terus berlanjut dalam bentuk kegiatan lainnya” kata Halim.