TMMD di Sijunjung resmi berakhir, bupati terima proyek dari Dandim

id TMMD, TNI, Sijunjung, akses jalan, terisolir, sumbar

TMMD di Sijunjung resmi berakhir, bupati terima proyek dari Dandim

Sejumlah proyek hasil karya TMMD ke-107 diserahkan secara simbolis oleh Dandim Sawahlunto Sijunjung Letkol. Inf. Dwi Putranto, S.IP kepada Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, karena sudah berakhir. (Ist)

Muaro (ANTARA) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat resmi berakhir pada 14 April 2020 dan ditutup oleh Kasrem 032 Wirabraja yang diwakili Pasi Bhakti Siter Mayor CHB Sion Manihuruk di Balairung Lansek Manih, Muaro.

Sejumlah proyek hasil karya TMMD ke-107 diserahkan secara simbolis oleh Dandim Sawahlunto Sijunjung Letkol. Inf. Dwi Putranto, S.IP kepada Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, disaksikan oleh Kadis PMD Sumbar diwakili Zahari, Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Ilham, Kapolres Sijunjung dan Ketua Bappeda Benny Yuswir di Muaro, Selasa.

Pelaksanaan TMMD ke-107 telah berlangsung satu bulan berlokasi di Nagari Langki, Kecamatan Tanjung Gadang.

Sasaran utama membuka jalan baru sepanjang 13,5 kilometer, sebagian dari kegiatan itu memperlebar jalan lama yang sudah ada sebelumnya.

Terbukanya jalan baru melalui program TMMD itu, sehingga Nagari Langki punya akses dan terbuka dari daerah terisolir. Kini sudah terhubung antara Kecamatan Tanjung Gadang dengan Kecamatan Kamang Baru.

Dandim Sawahlunto Sijunjung Letkol Inf Dwi Putranto, S.IP., mengatakannpelaksanaan TMMD ke-107 ini bisa berhasil dengan baik meski pun dalam suasana wabah COVId-19.

Semuanya itu, tentu tidak terlepas dari bantuan Pemerintah Kabupaten Sijunjung bersama instansi, Wali Nagari dan masyarakat.

"Kami terharu atas partisipasi dari Pemkab dan masyarakat dalam program TMMD ke-107 ini. Betul-betul terwujud kemanunggalan TNI dan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan dengan adanya kegiatan TMMD ke-107 sangat terbantu, terutama dalam membuka daerah terisolir seperti di Nagari Langki dan Nagari Lubuak Tarantang.

Pembukaan jalan hasil TMMD ini akan ditingkatkan oleh Pemkab dan Pemprov dengan pengerasan dan pengaspalan nantinya.

Dalam rangkaian penutupan TMMD ini, kata Yuswir meminjamkan lima sepeda motor trail kepada Kodim Sawahlunto Sijunjung untuk dimanfaatkan dan penunjang kegiatan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana.

Dengan sepeda motor ini diharapkan membantu penanggulangan bencana, terutama untuk menjangkau nagari-nagari.

"Terima kasih kepada jajaran TNI dan instansi yang sudah terlibat dalam program TMMD ini," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar