Dua pasien dalam pengawasan COVID-19 di Agam sembuh

id covid-19 di agam,pasien dalam pengawasan,berita agam

Dua pasien dalam pengawasan COVID-19 di Agam sembuh

Warga melintas di depan spanduk bertuliskan 'stop mudik' di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (8/4/2020). Polresta Kediri mengimbau masyarakat untuk tidak mudik guna menghindari penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Dua pasien dalam pangawasan Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat dinyatakan sembuh sehingga PDP di daerah itu berkurang dari lima orang menjadi tiga hingga Rabu (8/4).

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah COVID-19 Agam Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Rabu, mengatakan dua orang berstatus PDP yang berasal dari Palembayan itu sembuh setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Sementara tiga PDP sisanya berada di Kecamatan Lubukbasung satu orang, Matur satu orang dan Malalak satu orang.

Untuk orang dalam pemantauan (ODP) berkurang 12 orang karena telah selesai melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari.

Namun jumlah ODP pada Rabusebanyak 11 orang yang tersebar di Kecamatan Lubukbasung enam orang, Ampeknagari sati orang, Palembayan satu orang, Ampekkoto satu orang, Baso satu orang dan Tilatangkamang satu orang.

"OPD di Agam 346 orang pada Selasa (7/4) dan pada Rabu sebanyak 345 orang atau kurang satu orang akibat selesai isolasi diri 12 orang dan ODP pada Rabu (8/4) sebanyak 11 orang," katanya.

Ia mengakui 345 ODP itu tersebar di Kecamatan Tanjungmutiara 22 orang, Lubukbasung 51 orang, Tanjungraya 16 orang, Ampeknagari 31 orang, Palembayan 10 orang.

Sementara Kecamatan Matur 47 orang, Ampekkoto sembilan orang, Malalak empat orang, Banuhampu 11 orang.

Selain itu, Kecamatan Sungaipua 20 orang, Canduang tujuh orang, Ampekangkek 70 orang, Baso 18 orang, Tilatangkamang satu orang, Kamangmagek 21 dan Palupuh tujuh orang.

"ODP paling banyak berada di Kecamatan Ampekangkek, Lubukbasung dan Matur," katanya.

Ia menambahkan, Pemkab Agam mengerahkan tim gabungan dari Satgas BPBD, Satpol PP Damkar, Polri, TNI, KSB dan lainnya untuk pendataan dan pemeriksaan suhu tubuh penumpang AKAP dan kendaraan pribadi di posko yang berada di Tiku, Kecamatan Tanjungmutiara.

Selain itu, penyemprotan cairan disinfektan di perkantoran, fasilitas umum dan lainnya.