Dua pertandingan derbi Liga Jerman juga akan dimainkan tanpa penonton

id Liga Jerman,virus corona

Dua pertandingan derbi Liga Jerman juga akan dimainkan tanpa penonton

Suasana terowongan tempat masuk para pemain menuju lapangan stadion Borussia Park, Moenchengladbach, pada 10 Maret 2020. (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta, (ANTARA) - Dua pertandingan derbi Liga Jerman akan dimainkan tanpa kehadiran penonton, sebagai upaya negara tersebut meredam mewabahnya virus corona.

Pertandingan pertama adalah derbi Lembah Rhine antara Borussia Moenchengladbach kontra Koln yang akan dimainkan pada Rabu (11/3) merupakan salah satu pertandingan besar yang akan dimainkan tanpa penonton.

Laga itu sekaligus menjadi pertandingan pertama yang tidak dihadiri penonton sepanjang sejarah Liga Jerman, demikian dilaporkan Reuters.

Pertandingan besar selanjutnya adalah derbi Lembah Ruhr antara Borussia Dortmund melawan Schalke 04 pada Sabtu (14/3).

Pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions antara Bayern Munich menjamu Chelsea pekan depan juga mengalami nasib serupa.

Selain pertandingan-pertandingan level klub, Jerman juga dipastikan batal melakoni laga pemanasan menuju Piala Eropa 2020 melawan Italia di Nuremberg pada 31 Maret, sebagaimana diumumkan Federasi Sepak bola Jerman.

Pada Minggu, menteri kesehatan Jerman Jens Spahn meminta acara-acara yang menampung lebih dari 1.000 orang untuk dibatalkan sampai terdapat informasi lebih lanjut.

Meski demikian, keputusan untuk menutup stadion bagi para penonton merupakan keputusan yang diambil otoritas-otoritas setempat.

Negara bagian North-Rhine Westphalia, yang merupakan lokasi lembah Ruhr dan lembah Rhine, merupakan wilayah terdampak virus corona paling parah di Jerman. Catatan kasus di wilayah tersebut mencapai hampir separuh total kasus virus corona di seantero Jerman.

Pada Senin, telah terdapat 1.000 kasus infeksi virus corona di Jerman.

Di ibu kota, lawatan Bayern Munich ke markas Union Berlin pada Sabtu ini dapat berlangsung seperti biasa.

Ketua Liga Sepak bola Jerman (DFL) Christian Seifert pada Minggu memperingatkan bahwa musim kompetisi harus berakhir pada pertengahan Mei, agar bisa mendapat kepastian mengenai promosi, degradasi, dan kelolosan klub ke kompetisi internasional. (*)