Wabah virus corona, PSSI ikuti pemerintah soal aktivitas timnas

id virus corona,pssi,timnas indonesia,kualifikasi piala dunia,Mochamad Iriawan,iwan bule

Wabah virus corona, PSSI ikuti pemerintah soal aktivitas timnas

Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan (tengah) bersama Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria (kanan) memberikan keterangan kepada media terkait kunjungan mereka ke tiga stadion kandidat arena Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Selasa (3/2/2020). Tiga stadion tersebut yaitu Stadion Pakansari (Cibinong, Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang Timur) (ANTARA/Michael Siahaan)

Cibinong, Jawa Barat (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya mengikuti kebijakan pemerintah pusat soal aktivitas tim nasional Indonesia di kala wabah virus corona melanda dunia termasuk Indonesia.

Timnas Indonesia dijadwalkan berlaga di Thailand dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 26 Maret 2020. Menurut Iriawan, jika pemerintah tidak setuju timnas ke sana, skuat berjuluk Garuda tidak pergi ke Negeri Gajah Putih.

"Kalau pemerintah larang kami berangkat, kami akan mengikutinya," ujar Iriawan di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Selasa.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, hal tersebut tidak melanggar aturan FIFA atau AFC.

Thailand menjadi salah satu negara ASEAN yang dimasuki virus corona. Lebih dari 40 orang di sana terinfeksi dan satu orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Sementara di Indonesia, sudah ada dua orang yang positif menderita penyakit pernapasan akibat virus corona tersebut.

Kasus itu menjadi yang pertama di Tanah Air setelah virus corona mulai menginfeksi orang-orang di Wuhan, China, pada Desember 2019.

PSSI dan operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB), lanjut Iriawan, juga menunggu kebijakan pemerintah soal keberlangsungan Liga 1 Indonesia 2020 di tengah serangan virus corona.

"Apa yang menjadi arahan pemerintah akan kami tindak lanjuti," tutur dia.

Di Thailand sendiri, keberadaan virus corona membuat liga sepak bola mereka diundur sampai 17 April 2020.

Corona juga menjadi alasan timnas U-16 Thailand gagal berlaga kontra Indonesia dalam pertandingan uji coba yang direncanakan berlangsung pada akhir Februari 2020 di Solo.

Di negara Asia Tenggara lain seperti Vietnam, wabah corona membuat mereka harus menggelar laga perdana liga tanpa penonton.

Untuk kawasan Asia, otoritas China, Korea Selatan dan Jepang menunda semua pertandingan liga mereka, sementara di Italia, jadwal beberapa pertandingan terpaksa diundur.