Padang Panjang terima penghargaan Indonesia Road Safety Award 2019

id penghargaan Indonesia Road Safety Award 2019,Padang Panjang,Padang Panjang terkini,berita sumbar

Padang Panjang terima penghargaan Indonesia Road Safety Award 2019

Padang Panjang terima penghargaan Indonesia Road Safety Award 2019. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (ANTARA) - Kota Padang Panjang, Sumatera Barat memperoleh penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 yang diserahkan oleh Direktur Transportasi Bappenas Ikhwan Hakim pada Wakil Wali Kota Asrul di Jakarta, Selasa (17/12).

Kepala Dinas Perhubungan Padang Panjang yang turut hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut I Putu Venda mengatakan IRSA diberikan kepada daerah yang dinilai mampu mengelola keselamatan di jalan dengan baik.

"Hanya 23 kota dan kabupaten yang menerima penghargaan. Sumatera Barat diwakili oleh Padang Panjang," katanya.

Ia menerangkan saat tahap penilaian terdapat lima pilar yang dinilai yaitu manajemen keselamatan di jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan,perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan serta penanganan sebelum dan sesudah kecelakaan.

Sebagai daerah yang berposisi strategis di daerah perlintasan, pemerintah setempat menurutnya sudah melakukan pemeliharaan dan memberikan perhatian terhadap kondisi jalan dengan keberadaan rambu-rambu, trotoar, "speed bump", marka jalan dan lainnya.

Layanan bagi pengguna jalan juga dilengkapi dengan penggunaan teknologi yaitu lewat aplikasi Smart Traffic yang menyediakan layanan e parkir, e derek, e-transport, e-dishub dan e-report.

Untuk penanganan sebelum dan sesudah kecelakaan tersedia asuransi bagi 1.000 pekerja lewat kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan, kepesertaan dalam JKN-KIS, dokter warga dan lainnya.

"Penyelenggaraan keselamatan tidak hanya dilakukan oleh pemkot. Penghargaan ini dapat diraih juga berkat kerjasama dengan Polres Padang Panjang dan instansi terkait lainnya," katanya. (*)