Gubernur menilai bakat modal utama karateka raih prestasi

id Inkanas

Gubernur menilai bakat modal utama karateka raih prestasi

Rakerda Inkanas Sumbar (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat sekaligus Ketua Umum Institut Karatedo Nasional (Inkanas) Sumbar Irwan Prayitno menilai bakat adalah modal utama bagi seorang karateka untuk mengukir prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Seharusnya setiap atlet karateka diawali dengan bakat, walaupun digembleng terus-menerus, tanpa memiliki bakat sulit untuk meraih prestasi tertinggi," katanya pada Rakerda Inkanas 2019 di Padang, Minggu.

Menurutnya, setelah bakat, atlet harus bersungguh-sungguh mengikuti berbagai latihan untuk mengikuti Kejurda maupun Kejurnas.

Pengurus Inkanas di daerah, katanya, juga akan memperbanyak pertandingan di level lokal, nasional maupun internasional, sehingga para atlet dapat meningkatkan kemampuan dan bisa lebih berprestasi.

"Ke depan kita harus perbanyak pertandingan baik tingkat daerah maupun nasional sehingga nanti pada saat Asian Games atau kejuaraan tingkat dunia itu bisa kita ikuti dan lebih berprestasi," ujarnya.

Ia berpendapat pengurus sejak awal mencari bibit yang berbakat terutama atlet junior yang bisa dilatih secara khusus untuk bisa beprestasi di tingkat nasional maupun tingkat dunia.

"Saya harap, para pengurus Inkanas Sumbar jangan cepat puas. Semoga ke depan lebih bisa mengukir prestasi yang lebih tinggi,” katanya.

Ia juga menyampaikan untuk meningkatkan jumlah guru Inkanas akan terus melakukan kegiatan kenaikan tingkat secara rutin berkala.

Karena untuk naik tingkat DAN IV keatas mesti keluar daerah Inkanas Sumbar juga akan memfasilitasi termasuk dengan menambah jumlah Dewan Guru dan Dewan Juri dengan pelatihan TOT di tingkat nasional.