Olahraga - Polda Sumbar targetkan juara umum kategori Polri dalam Kejurnas Inkanas

id Karate,Kejurnas Karate Inkanas Piala Kapolri VIII

Olahraga - Polda Sumbar targetkan juara umum kategori Polri dalam Kejurnas Inkanas

Karo SDM Polda Sumatera Barat Kombes Pol M Agus Fajar yang juga sebagai Ketua Pelaksana Kejurnas Karate Inkanas Piala Kapolri VIII di GOR Universitas Negeri Padang (UNP) Kota Padang, Sumatera Barat 8-10 Maret 2019. (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Polda Sumatera Barat menargetkan menjadi juara umum Kejurnas Karate Inkanas kategori Polri yang digelar di GOR Universitas Negeri Padang (UNP) Kota Padang, Sumatera Barat 8-10 Maret 2018.

Karo SDM Polda Sumbar Kombes Pol M Agus Fajar di Padang, Sabtu mengatakan target tersebut dicanangkan karena tim Polda Sumbar sendiri keluar sebagai juara umum dalam Kejurnas Inkanas Piala Kapolri 2017 di Kota Semarang, Jawa Timur.

Ia mengatakan dalam Kejurnas Inkanas Piala Kapolri VII 2017 pihaknya berhasil membawa dua medali emas dari Kelas Kumite di atas 67 kilogram dan Kelas Kata Perorangan Putra. Kemudian dua medali perunggu dari kelas Kumite di bawah 67 kilogram dan Kelas Kata Beregu Putra.

“Dalam kejurnas tersebut tim Polda Sumbar hanya membawa tiga atlet dan berhasil keluar sebagai juara umum kategori TNI/Polri,” kata dia.

Sementara untuk Kejurnas Inkanas Piala Kapolri VIII, sebagai tuan rumah pihaknya tentu ingin mempertahankan hal tersebut bahkan atlet ini diharapkan mampu mendulang lebih banyak dari kejurnas sebelumnya.

Ia menyebutkan dalam kejurnas ini Tim Polda Sumbar mengirimkan 18 belas atlet yang akan bertanding dalam kategori Polri dalam delapan kelas pertandingan.

“Persiapan untuk menjadi tuan rumah ini telah kita rancang sejak Oktober 2018, targetnya tidak hanya sebagai tuan rumah yang sukses namun juga keluar sebagai juara umum Kategori Polri,” kata dia.

Sebelumnya Kejurnas Karate Inkanas 2019 Piala Kapolri VIII dibuka secara resmi oleh Wakil Irwasum Polri Irjen Pol Umar Septono mewakili Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di GOR UNP, Kota Padang pada Minggu (9/10).

Kejurnas tersebut diikuti 1.199 atlet yang terdiri dari 755 atlet pria dan 444 atlet wanita. Mereka berasal dari 28 pengurus daerah (pengda) Inkanas di seluruh.

Kejurnas itu terdiri dari 10 kategori yakni Kategori Usia Dini dengan delapan kelas pertandingan, Kategori Pra Pemula dengan 13 kelas pertandingan, Kategori Kadet 10 kelas pertandingan,Kategori Junior dengan 13 pertandinga dan Kategori di bawah usia 21 tahun dengan 13 kelas pertandingan.

Selanjutnya Kategori Senior dengan 17 kelas pertandingan, Kategori TNI delapan kelas pertandingan, Kelas Polri delapan kelas pertandingan dan Kategori Veteran dengan dua kelas pertandingan.

Ia menyebutkan Pengda Sumatera Utara mengirimkan kontingen terbanyak dengan 148 orang, diikuti tuan rumah Sumatera Barat dengan 138 orang dan DKI Jakarta sebanyak 122 orang.

“Kejurnas ini digelar setiap dua tahun dan sebelumnya 2017 di Kota Semarang dan Pengda DKI Jakarta keluar sebagai juara umum,” katanya.***3***