Kepala BNPB RI kunjungi wisata geopark Silokek

id BNPB, Silokek, geopark, doni monardo, yuswir arifin, sijunjug, sumatera barat, padang, bpbd

Kepala BNPB RI kunjungi wisata geopark Silokek

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend. TNI Doni Monardo berkunjung ke kawasan geopark Silokek Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, setelah sebelumnya bermalaman di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. (ist)

Muaro (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend. TNI Doni Monardo berkunjung ke kawasan geopark Silokek Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, setelah sebelumnya bermalaman di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

Kepala BNPB RI, mengunjungi langsung keberadaan alam di Nagari Silokek yang merupakan Geopark Nasional, didampingi Bupati Yuswir Arifin, Wakil Bupati ArrivalBoydan Kepala BPBDprovinsi dan kabupaten/kota, Rabu.

“Kunjungan kerja ini merupakan hasil koordinasi Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin yang juga memaparkan tentang Geopark Silokek, Geo Festival dan tentang Kejuaraan Arung Jeram termasuk sejumlah hal di hadapan saya beberapa waktu lalu, oleh karena itu kami dan rombongan datang di Sijunjung,” ucap Doni Monardo.

Kemudian, Doni mengatakan pengembangan pariwisata sangat rentan terganggu oleh bencana apabila tidak dikelola dengan baik. "Dampak bencana akan mempengaruhi ekosistem pariwisata dan pencapaian target kinerja pariwisata," katanya.

Selain itu, pariwisata kerap kali diasosiasikan dengan kesenangan dan wisatawan melihat keamanan dan kenyamanan sebagai satu hal penting dalam berwisata itu.

"Namun sebelum itu, ada beberapa kejadian bencana telah menyebabkan dampak terhadap pengembangan pariwisata. Tentu ini menjadi pembelajaran bagi kita semua," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengucapkan selamat datang kepada Kepala BNPB Republik Indonesia dan rombongan.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Letjend. TNI Doni Monardo dan rombongan yang telah sempat datang di Ranah Lansek Manih,” ucapnya.

Kemudian dikatakan Bupati, di Sumatera Barat ada tiga kabupaten/kota yang menyandang status Geopark Nasional, salah satunya Kabupaten Sijunjung dengan nama Geopark Silokek.

Geopark Silokek, cerita Yuswir, punya keindahan alam yang eksotik yang merupakan warisan geologi dan budaya serta memiliki keragaman fauna dan flora.

Salah satu pemandangan yang menarik di Geopark Silokek adalah adanya aneka bebatuan berumur kurang lebih 359 juta tahun, seperti batuan gamping, sedimen, metamorf, dan granit, jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Sekretaris Daerah Zefnihan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta tokoh masyarakat Nagari Silokek.

Kemudian juga hadir, Wakapolda Sumbar, Kepala BPBD Provinsi Sumbar, Kepala BPBD kab/kota se-Sumatera Barat serta undangan lainnya.

Jamu Makan Bajamba

Sebelumnya, Selasa malam Kepala BNPB Doni Monardo di Ranah Lansek Manih, dijamu Pemerintah Kabupaten Sijunjung dengan makan bajamba di Rumah Gadang Perkampungan Adat Sijunjung.

Kepala BNPB RI tersebut juga didampingi oleh Marsda TNI (Purn) Bonar Hutagaol , Brigjend TNI (Purn) Hasanudin, Egi Fajar Masadiah, Kolonel Budi Irawan, Kolonel Hasyim Lalhakim, Dodi Ruswandi, Deputi Il BNPB, Medi Herlianto Direktur Tanggap Darurat.

Sedangkan dari Pemkab Sijunjung, hadir Bupati dan Wakil Sijunjung, Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Zefnihan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta Camat.

Kemudian hadir juga Kelapa BPBD Provinsi Sumatera Barat, Irman Rahman. Setelah makan bajamba rombongan tersebut diinapkan langsung di beberapa rumah adat di Perkampungan Adat Sijunjung.
Kepala BNPB Doni Monardo di Ranah Lansek Manih, dijamu Pemerintah Kabupaten Sijunjung dengan makan bajamba di Rumah Gadang Perkampungan Adat Sijunjung. (ist)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar