PNP berikan pelatihan lulusan SMK dalam menghadapi dunia kerja di era 4.0

id Berita Padang, PNP,SMK siap kerja

PNP berikan pelatihan lulusan SMK dalam menghadapi dunia kerja di era 4.0

Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri

Padang (ANTARA) - Politeknik Negeri Padang (PNP) bekerja sama dengan Kominfo Sumbar memberikan pelatihan pada para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berupa Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 dalam menghadapi dunia kerja di era 4.0.

Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri di Padang, Senin mengatakan suatu kebanggaan bagi PNP karena telah diberikan kepercayaan oleh Kominfo Sumbar untuk memberikan pelatihan pada para lulusan SMK yang sesuai dengan fungsi PNP di dunia pendidikan.

"Terkait persoalan menghadapi dunia kerja di era revolusi industri 4.0 dan juga persoalan menghadapi bonus demografi, ini merupakan tantangan bagi kita bersama," kata dia.

Ia juga menjelaskan di era tersebut semua pekerjaan akan digantikan dengan alat-alat elektronik yang serba canggih, sedangkan jumlah sumber daya manusia ke depannya terus meningkat.

"Dengan adanya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bekal bagi para lulusan nantinya untuk menghadapi dunia kerja," katanya.

Menurutnya jika lulusan SMK tersebut tidak diberikan pembekalan, maka nantinya banyak tenaga kerja yang akan menjadi penganggur.

"Karena kompetisi dan persaingan di dunia kerja ke depannya semakin ketat," ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap kegiatan tersebut dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing, terutama bidang teknologi informasi dan juga mampu menjadi solusi untuk menghadapi bonus demografi ke depannya.

Ia juga mengatakan pada saat pelatihan tersebut para peserta akan melakukan ujian sesuai dengan bidang materi pelatihan yang diberikan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

"Sebanyak 80 peserta yang mengikuti ujian dinyatakan lulus atau berkompeten dari 120 peserta yang mengikuti kegiatan," ujar dia.

Ia juga menerangkan penilaian kompetensi tersebut berdasarkan aspek ilmu pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang selanjutnya peserta dinyatakan pada dua pilihan yaitu berkompeten dan belum kompeten.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar