Jelang pilkada Gubernur, KPU Padang susun modul pendidikan pemilih

id berita padang, berita sumbar,pilkada serentak 2020,daftar daerah pilkada serentak 2020,pilkada serentak 2018,pilkada adalah,pilkada serentak 2019,kapa

Jelang pilkada Gubernur, KPU Padang susun modul pendidikan pemilih

Diskusi Modul Pendidikan Pemilih Tim KPU Kota Padang bersama peneliti Labor Sosiologi UNP (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Padang akan menyusun modul pendidikan pemilih menyambut pelaksanaan pilkada serentak 2020 sebagai panduan dalam rangka memberikan pengetahuan tentang pemilu dan demokrasi.

"Modul berisi materi tentang relasi demokrasi dan pemilu, pentingnya pemilu dan menggunakan hak pilih secara sadar dan bertanggungjawab serta menyadari kenapa harus memilih sehingga lahir kesadaran yang akan meningkatkan kualitas pemilu, " kata Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu saat berkunjung ke Labor Sosiologi Universitas Negeri Padang diterima Peneliti Senior Labor Sosiologi UNP Dr Eka Vidya Pura didampingi Komsioner Atika Triana, Amid Mutaqqin dan Kasubag Teknis dan Hupmas Sutrisno.

Menurut dia dengan adanya modul pendidikan pemilih maka KPU Kota Padang membuat sistematika dan standardisasi pendidikan pemilih kepada masyarakat.

"Kami berharap para akademisi khususnya yang terhimpun di Labor Sosiologi UNP mau membicarakan dan mendesain secara serius Modul Pendidikan Pemilih untuk masyarakat ini," kata dia.

Selain itu dengan adanya modul maka evaluasi pelaksanaan pemilu akan lebih efektif dan terukur.

Sementara peneliti Senior Labor Sosiologi UNP Dr Eka Vidya Pura menyambut baik gagasan KPU Kota Padang yang ingin membuat modul pendidikan pemilih sehingga adanya sistematika dan standarisasi dalam pendidikan pemilih,

Dengan demikian siapapun narasumber maupun fasilitator dalam pendidikan pemilih tidak akan jadi masalah, mereka tetap dalam jalur, sejauh mempedomani modul pendidikan pemilih.

Ia menyampaikan dalam modul tersebut akan dibuat siapa yang menjadi peserta pendidikan pemilih, apa materinya, berapa lama materi , bagaimana evaluasi dilaksanakan, bagaimana ruangan disiapkan, bagaimana sebaiknya mendekorasi ruangan, peralatan apa saja yang sebaiknya disiapkan, tim kerja dan pembagian tugas termasuk kumpulan permainan dan lainnya.

Untuk materi pendidikan pemilih bagi pemula dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran kelompok IPS, kata dia.

Eka menambahkan Labor Sosiologi UNP siap membantu KPU Kota Padang dalam penyusunan modul pendidikan pemilih yang dapat dimanfaatkan dalam waktu dekat menyongsong pemilihan serentak 2020, khusus di wilayah kerja KPU Kota Padang. (*)