Piala Eropa 2020 - Belanda puncaki Grup C usai tundukkan Irlandia Utara 3-1

id timnas belanda,timnas irlandia utara,kualifikasi euro 2020,kualifikasi piala eropa 2020

Piala Eropa 2020 - Belanda puncaki Grup C usai tundukkan Irlandia Utara 3-1

Penyerang tim nasional Belanda Memphis Depay merayakan golnya ke gawang Irlandia Utara dalam laga lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Kamis (10/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Andrew Boyers)

Jakarta, (ANTARA) - Tim nasional Belanda merebut puncak klasemen Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 seusai menundukkan Irlandia Utara dengan skor 3-1 di Stadion De Kuip, Rotterdam, Kamis setempat (Jumat WIB).

Hasil itu membuat Belanda kini menduduki puncak klasemen dengan koleksi 12 poin, menyamai Jerman (12) dan Irlandia Utara (12) namun punya keunggulan baik dari segi catatan head-to-head maupun selisih gol, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sementara itu dalam laga lain yang berlangsung lebih awal, Estonia berhasil mengamankan poin perdananya seusai menahan imbang Belarusia 0-0. Pun demikian Estonia tak beranjak dari dasar klasemen Grup C dengan raihan satu poin, di bawah Belarusia (4) yang menduduki peringkat keempat.

Laga antara Belanda kontra Irlandia Utara sempat mengalami kebuntuan panjang bahkan tuan rumah kesulitan memanfaatkan dominasi hampir 76 persen penguasaan bola yang mereka miliki.

Irlandia Utara justru menjadi tim pertama yang memecahkan kebuntuan dan mencuri keunggulan pada menit ke-75 lewat tandukan Josh Magennis yang sukses mengalahkan Matthijs de Ligt dalam duel udara menyambut umpan silang kiriman Stuart Dallas.

Gol itu rupanya malah jadi tamparan yang membuat Belanda bangkit, lima menit setelahnya mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui Memphis Depay yang menyelesaikan umpan tarik Donyell Malen.

Usai menyamakan kedudukan, Belanda kian bernafsu dan menggencarkan kembali gempuran ke area pertahanan tamunya hingga memasuki menit pertama masa injury time umpan silang Steven Bergwijn di area tiang jauh disambut penyelesaian keras Luuk de Jong untuk membawa Tim Oranye berbalik unggul.

Belum puas dengan keunggulan 2-1, Depay mencetak gol keduanya dalam laga tersebut pada menit keempat masa injury time untuk memastikan kemenangan Belanda menjadi 3-1 atas Irlandia Utara.

Selain mengantarkan ke puncak, hasil itu juga jadi modal positif bagi Belanda yang akan melanjutkan penampilan di pertandingan pekan ke delapan dengan bertolak ke markas Belarusia pada Minggu (13/10).

Susunan pemain:

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries (Luuk de Jong), Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Georginio Wijnaldum, Marten de Roon (Donny van de Beek), Frenkie de Jong; Steven Bergwijn, Ryan Babel (Donyell Malen), Memphis Depay

Pelatih: Ronald Koeman

Irlandia Utara (4-3-3): Bailey Peacock-Farrell; Michael Smith, Craig Cathcart, Jonny Evans, Stuart Dallas; Steven Davis, Patrick McNair, George Saville (Jordan Thompson); Corry Evans (Tom Flanagan), Shane Ferguson, Kyle Lafferty (Josh Magennis)

Pelatih: Michael O'Neill
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar