Pakan Rabaa Timur susah jaringan telepon tapi lancar internet

id Pakan Rabaa TImur,Telkom Desa Indonesia,Berita Solok Selatan,solok selatan terkini

Pakan Rabaa Timur susah jaringan telepon tapi lancar internet

Wakil Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril (Dok. Humas Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Nagari Pakan Rabaa Timur Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang masih kesulitan jaringan telepon selular menjalin kerja sama dengan Telkom Desa Indonesia (TDI) untuk menyediakan jaringan internet unlimitide untuk masyarakatnya.

"Pengelolaannya kami serahkan ke Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag). Bagi masyarakat yang berminat menggunakan internet ini membayar Rp45 ribu perbulan setiap gawai dan pengunaannya bebas kapan pun atau unlimitide," kata Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril, di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, untuk sekarang baru di tiga Jorong yang disediakan yaitu Pinti kayu Gadang, Ladang Konsi dan Pasia Putiah.

Jaringan internet ini sudah mulai aktif sejak Juli 2019 tetapi baru sekitar 50 unit telepon pintar yang mendaftarkan paket internet ini sedangkan potensinya mencapai lima ribu gawai.

Selain itu, imbuhnya juga ada paket unlimited keluarga dimana warga membayar Rp250 ribu per bulan dan bisa digunakan untuk 20 telepon pintar maupun laptop.

Jaringan internet ini, katanya, tidak menggunakan menara provider tetapi langsung ke satelit dengan modal awal Rp110 juta yang dipergunakan untuk membayar rental satelit selama satu tahun Rp60 juta Rp50 juta lagi untuk peralatan.

Antena yang dipergunakan untuk memancarkan singnal internet ke gawai masyarakat dibangun pada jarak 500 meter.

Setiap antena yang dipasang memiliki kapasitas 250 unit gawai dan sekarang ini baru enam antena yang terpasang.

"Kami targetkan Desember 2019 sudah tersambung ke 500 unit gawai," ujarnya.

Dia menambahkan, kalau paket internet warga habis tengah malam atau dalam kondisi tutup mereka juga bisa mengaktifkannya melalui pulsa provider dan dikirim ke server.

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengapresiasi Nagari Pakan Rabaa Timur yang bisa menyediakan internet bagi warganya.

"Walaupun di daerah ini susah jaringan telepon selular tetapi lancar internetnya,"ujarnya.