37 Perguruan tinggi berkompetisi pada Minang Entrepreneurship Award II

id minang,Minang Entrepreneurship Award, wirausaha mahasiswa

37 Perguruan tinggi berkompetisi pada Minang Entrepreneurship Award II

Rektor UNP Ganefri (dua dari kiri) (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 34 perguruan tinggi dari Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi berkompetisi pada ajang Minang Entrepreneurship Award II memperebutkan hadiah total Rp300 juta.

Dari 37 perguruan tinggi yang ikut terdiri atas 11 perguruan tinggi negeri dan 26 swasta dengan 259 proposal yang diterima panitia, kata Rektor Universitas Negeri Padang Ganefri di Padang, Sabtu.

Ia merinci dari 259 proposal tersebut terseleksi sebanyak 46 eksisting bisnis dan 160 usaha rintisan.

Pemenang Minang Entrepreneurship Award II akan diumumkan pada 3 September 2019 dibacakan oleh Ketua Tim Juri Nining Indroyono Susuilo yang hadiahnya direncanakan akan diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, ujarnya.

Menurutnya dibandingkan Minang Entrepreneurship Award I terjadi peningkatan peserta hingga dua kali lipat.

Ke depan Minang Entrepreneurship Award akan diperluas dengan mengikutsertakan perguruan tinggi yang ada di Sumatera

Minang Entrepreneurship Award merupakan kegiatan kometisi kewirausahaan untuk mendorong mahasiswa berani berwirausaha yang kreatif dan inovatif.

Lahirnya Minang Entrepreneurship Award atas gagasan dari Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang serta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah X yang didukung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Minang Entrepreneurship Award dibagi atas dua kategori yaitu usaha yang sudah eksis serta usaha rintisan.

Minang Entrepreneurship Award I digelar pada 2017 melibatkan enam perguruan tinggi negeri dan 13 perguruan tinggi swasta.

Ganefri menyampaikan ke depan Minang Entrepreneurship Award juga akan dilembagakan secara permanen sebagai salah satu lembaga non profit yang ikut mendorong tumbuhnya ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi