AFP Sumbar siap gulirkan Liga Futsal Nusantara 2019

id Futsal,AFP Sumbar

AFP Sumbar siap gulirkan Liga Futsal Nusantara 2019

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat Haji Yasman Yanusar (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat akan menggulirkan Liga Futsal Nusantara (LFN) zona Sumbar yang dilangsungkan di lapangan Rafhely Bypas Kota Padang pada 19 Agustus 2019.

Ketua AFP, Sumatera Barat H Yasman Yanusar di Padang, Minggu mengatakan kompetisi resmi kasta kedua Futsal Indonesia 2019 bertajuk SPOTEC Liga Futsal Nusantara 2019.

"Alhamdulillah, tahun ini SPOTEC mau bekerja sama untuk sponsor kompetisi, mudah-mudahan jadi langkah awal mengelola liga secara profesional," kata Yasman.

Ia mengatakan tim terbaik di SPOTEC Liga Futsal Nusantara Sumbar 2019 akan lolos ke babak 34 besar dan tergabung di Grup A yang akan digelar Provinsi Riau pada September 2019.

Peringkat pertama dan kedua di grup A tersebut akan lolos ke babak delapan besar nasional memperebutkan tiket lolos dengan juara dan peringkat kedua Grup B, Grup C dan Grup D.

Perebutan tiket lolos di babak delapan besar akan dilaksanakan di Purwokerto, Jawa Tengah melalui sistem gugur. Empat tim terbaik di babak delapan besar ini akan lolos ke kompetisi Liga Pro 2020.

Ia mengatakan sebanyak 26 klub terdaftar secara resmi di AFP Sumbar dan menjelang kompetisi 2019 ada tiga klub baru yang terdaftar.

Ia mengatakan dalam regulasi Federasi Futsal Indonesia (FFI) kepada seluruh AFP se-Indonesia bagi klub anggota Linus yang tidak ikut kompetisi satu kali, keanggotaannya disarankan untuk dicabut dan tidak boleh lagi mengikuti kompetisi selanjutnya.

Namun AFP Sumbar memberikan toleransi kepada klub anggota sebanyak dua kali berturut-turut tidak ikut kompetisi dan aturan baru itu mulai berlaku tahun ini.

Ia mencontohkan Rafhely FC tahun ini tidak ikut dan pada 2020 absen lagi, maka untuk musim 2021 otomatis keanggotaanya dicabut dan haknya gugur serta tidak boleh ikut kompetisi lagi.

Sementara Sekretaris Umum AFP Sumbar Yosrizal mengatakan saat manager meeting tersebut disepakati jadwal pendaftaran dari 27 Juli itu sampai 31 Juli 2019.

"Liga Futsal Nusantara atau Linus tingkat Sumbar awalnya ketika manager meeting terjadwal kick off tanggal 5 Agustus namun melihat agenda-agenda nasional, pengurus dan Exco AFP menetapkan kick off pada tanggal 19 Agustus saja,"katanya.

Sementara Ketua Pelaksana Syamsul Bahri yang juga Exco Bidang Kompetisi AFP Sumbar menerangkan batasan kelahiran pemain adalah 1 Januari 1997 dan setelahnya.

"Kemudian pemain yang didaftarkan merupakan pemain amatir yang tidak pernah bermain di liga futsal profesional," kata dia.