AFP Sumbar gulirkan Liga Futsal Nusantara 2019

id AFP Sumbar,Futsal Sumbar

Ketua AFP Sumatera Barat Haji Yasman Yanusar membuka secara resmi Liga Futsal Nusantara 2019 di lapangan Rafhely Bypass Kota Padang, Senin (ANTARA SUMBAR / Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat menggulirkan Liga Fustal Nusantara 2019 yang digelar di lapangan Rafehly Kota Padang pada 19 Agustus hingga 25 Agustus 2019.

Ketua AFP Sumatera Barat Yasman Yanusar di Padang, Senin mengatakan pada gelaran tahun ini kompetisi Liga Nusantara diikuti 13 tim yang ada di Sumatera Barat.

“Mereka berjuang untuk menjadi tim terbaik di turnamen ini karena tim terbaik akan maju ke babak 34 besar di tingkat nasional,” katanya.

Ia mengatakan dari 34 besar tersebut hanya ada empat tim terbaik yang mendapatkan jatah promosi ke liga profesional di tahun depan.

“Di Indonesia saat ini hanya ada dua kompetisi resmi yakni Liga Futsal Nusantara yang digelar setiap provinsi dan Liga Pro untuk tingkat nasional,” kata dia.

Menurut dia ada 30 tim putra dan empat tim putri yang terdaftar di AFP Sumatera Barat namun yang mendaftarkan diri hanya 15 tim kemudian setelah dilakukan seleksi hanya 13 tim yang berhak mengikuti turnamen ini.

Ia mengatakan ajang ini bertujuan untuk menjaring pemain futsal terbaik untuk memperkuat tim pra PON Sumbar. Saat ini pihaknya masih melakukan pemusatan latihan dengan sistem promosi dan degradasi.

Apabila ada pemain yang menonjol di turnamen ini tentu akan dipanggil mengikuti pemusatan latihan tim pra PON.

“Ajang amatir ini juga menjadi persiapan tim daerah dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mendatang,” kata dia.

Adapun 13 tim yang mengikuti turnamen Liga Futsal Nusantara 2019 Sumatera Barat ini terbagi menjadi tiga grup yakni Grup A, Grup B dan Grup C.

Untuk Grup A terdiri dari Jordus FC, Futsal Kota Bukittinggi, PSR, Satelite Futsal dan Adrenaline. Sementara itu, di Grup B diisi CCB Abud's, Smansa Young Guns, Berberas FC dan Padang Pariaman. Kemudian untuk Grup C dihuni Futsal Kota Solok, Futsal Tanah Datar, Tuah Sakato dan My Team.

Ia mengatakan untuk Grup A, tiga tim terbaik akan lolos ke babak delapan besar. Sementara itu untuk Grup B dan Grrup C dua tim terbaik yang lolos ke babak delapan besar. Setelah itu untuk menggenapi jumlah tim di babak delapan besar tim peringkat tiga terbaik dari Grup B dan Grup C akan lolos ke babak delapan besar.

Ia mengatakan dalam babak delapan besar akan memainkan sistem gugur sehingga tim yang kalah akan langsung tersingkir.

"Saya berharap para peserta bertanding dengan sporting dan menunjukan kemampuan terbaiknya sehingga bisa lolos ke Liga Pro nantinya, " katanya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar