AFP Sumbar : Tim futsal pra PON tunjukkan hasil positif

id futsal

AFP Sumbar : Tim futsal pra PON tunjukkan hasil positif

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat Haji Yasman Yanusar (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat Haji Yasman Yanusar mengatakan tim pra PON menunjukkan hasil positif setelah berhasil menggondol juara dua Turnamen ASEAN Rafhely Specs Cup IX 2019 di Kota Padang.

"Tim ini dibentuk dua bulan yang lalu dan belum pernah melakukan uji coba tingkat nasional dan hasilnya cukup baik pada turnamen ini," kata dia di Padang, Sabtu.

Menurut dia tim tidak diberikan target dalam turnamen namun mereka berhasil lolos ke final walaupun kalah dengan tim pra PON lampung dengan skor tipis 3-4.

"Saya melihat pemain menjalankan instruksi dari pelatih dan mental mereka semakin berkembang," ujar dia

Menurut dia tim ini masih memiliki waktu dua bulan untuk memperbaiki diri jelang ajang pra PON.

Dirinya berharap pemain dapat menunjukkan puncak permainannya di ajang pra PON dan memastikan satu tempat di PON Papua 2020.

Ia mengatakan saat ini ada 18 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan, pihaknya akan terus melakukan promosi dan degradasi.

Dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil lima pemain untuk mengikuti pemusatan latihan sehingga ada 23 pemain nantinya.

"Kita hanya akan membawa 16 pemain yang paling siap untuk berlaga di ajang pra PON nanti," katanya.

Ia mengatakan setelah turnamen ini anak-anak juga akan melakukan uji tanding di Malaysia untuk meningkatkan mental bertanding

"Semoga KONI Sumbar merestui langkah ini dan mendukung persiapan tim," kata dia.

Sementara pelatih tim futsal pra PON Sumatera Barat Andrian Andika mengakui persoalan mental masih menjadi pekerjaan rumah bagi timnya.

Menurutnya masih ada beberapa pemain yang belum lepas bermain di turnamen ini namun dirinya mensyukuri hasil yang didapatkan tim saat ini.

Menurutnya kekurangan tim saat ini adalah ketenangan sehingga mereka gagal menjadi yang terbaik di RSC IX 2019.

"Kita hanya memiliki dua pemain berpengalaman yakni Muhammad Sanjaya dan Finan Yunanda alumni PON 2016 selebihnya ini pemain baru sehingga perlu pengalaman bertanding yang cukup," kata dia.