Pesisir Selatan kebut pembangunan infrastruktur persiapan DOB Renah Indojati

id Hendrajoni,perisir selatan,sumbar,Daerah Otonomi Baru (DOB)

Pesisir Selatan kebut pembangunan infrastruktur persiapan DOB Renah Indojati

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengebut pembangunan infrastruktur di daerah yang direncanakan untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni bagian selatan daerah setempat.

"Sesuai rencana di bagian selatan Kabupaten Pesisir Selatan akan dibentuk DOB dengan nama Renah Indojati, maka pembangunan di sana terus dikebut," kata Bupati setempat Hendrajoni di Painan, Jumat.

Saat ini tambahnya di lokasi itu sudah beroperasi sebuah rumah sakit bertipe D, dan pada 2019 Kementerian Kesehatan mengalokasikan anggaran Rp6,6 miliar untuk membangun Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Masih dalam tahun ini, juga akan diletakkan batu pertama pembangunan kantor perwakilan pemerintah kabupaten di lokasi itu.

Kantor tersebut difungsikan sebagai penunjang kegiatan bupati dan pejabat teras jika melakukan kunjungan kerja ke lokasi.

Setelah dioperasikan nanti, di kantor tersebut diselenggarakan berbagai pelayanan layaknya di ibu kota kabupaten seperti perizinan, pemadam kebakaran dan lain sebagainya.

"Berbagai pembangunan ini sebagai upaya mendekatkan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Jika nanti DOB Renah Indojati diresmikan oleh pemerintah pusat, maka daerah tidak pusing lagi dalam menyiapkan berbagai infrastruktur," kata dia.

Ia menjelaskan proses pemekaran mengacu pada aturan baru dan prosedur baru yang tertuang pada Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Semua berkas dan data kelengkapan yang tertuang dalam Undang Undang tersebut mesti dipenuhi," kata dia.

Secara administratif Renah Indojati terdiri dari enam kecamatan yaitu Pancung Soal, Air Pura, Basa Ampek Balai Tapan, Ranah Ampek Hulu Tapan, Lunang dan Silaut.

Wilayah tersebut awalnya merupakan wilayah empat nagari yakni Nagari Inderapura yang saat ini mencakup Kecamatan Pancung Soal dan Air Pura, Nagari Tapan yang mencakup Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Ranah Ampek Hulu Tapan, Nagari Nagari Lunang, Kecamatan Lunang dan Nagari Silaut Kecamatan Silaut.

Khusus Inderapura merupakan pusat dari Kerajaan Inderapura yang berada di puncak kejayaannya di abad ke-15 hingga pertengahan abad ke-16 dengan mengandalkan hasil perkebunan dan pertanian. (*)