Tujuh kawasan wisata paling menarik di Luak Limapuluh

id Objek wisata Luak Limopuluah,Lembah Harau,Padang Mangateh

Tujuh kawasan wisata paling menarik di Luak Limapuluh

Objek wisata Ngalau Indah di Kota Payakumbuh. (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Sebanyak tujuh kawasan wisata di Luak Limapuluh atau biasa dikenal dengan kawasan darek (darat) Luak nan Bungsu (Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) yang biasanya ramai dikunjungi warga maupun perantau saat libur lebaran.

"Kalau di Kota Payakumbuh itu biasanya yang ramai kawasan wisata Ngalau Indah, Kolam Renang Ngalau Indah, Puncak Marajo dan Panorama Ampangan," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman, di Payakumbuh, Kamis.

Sementara itu di Limapuluh Kota, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Bobby mengatakan ada lima objek wisata yang biasanya menjadi primadona selama libur lebaran yakni Lembah Harau, Kelok Sembilan, Kapalo Banda, Air Terjun Lubuak Bulan dan Panorama Padang Mengatas.

Berikut rincian delapan objek wisata yang hit dan menarik untuk dikunjungi selama libur lebaran di Luak Limapuluh.

1. Ngalau Indah

Ngalau Indah merupakan sebuah goa yang terletak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh atau 31 km dari kota Bukittinggi.

Objek ini merupakan sebuah goa alam dengan beberapa mulut goa sebagai akses masuk dan keluar. Di dalam gua besar ini pengunjung dapat melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih terjaga dengan baik.

Di dalam gua ini terdapat sejumlah bagian dari gua yang memiliki bentuk unik dan sangat khas, salah satu diantaranya adalah batu gong.

Elfrita mengatakan Ngalau Indah saat ini menjadi objek wisata Kota Payakumbuh yang paling ramai dikunjungi.

Di kawasan wisata Ngalau Indah sendiri juga banyak wahana dan spot menarik diantaranya Puncak Marajo dan Kolam Renang Ngalau Indah.

2. Kelok Sembilan

Kelok Sembilan merupakan sebuah ruas jalan penghubung provinsi Riau dengan Sumbar yang berkelok, terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh.

Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau.

Jalan kelok Sembilan ini memiliki tikungan cukup tajam berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau sehingga membuat pemandangan di kawasan ini sangat indah dan mempesona.

Bobby mengatakan pemudik dan balik ke rantau yang melewati Kelok Sembilan selalu menyempatkan singgah sambil berfoto di kawasan Kelok Sembilan.

3. Lembah Harau

Kawasan wisata Lembah Harau merupakan sebuah lembah diapit dua bukit yang terjal dan indah dengan ketinggian tebing mencapai hingga 150 meter.

Bobby menyebut saat ini Lembah Harau telah menjadi objek wisata paling ramai di kunjungi di Kabupaten Limapuluh Kota bahkan Sumbar.

Di dalam kawasan wisata Lembah Harau saat sudah banyak spot menarik tak hanya air terjun namun juga kampung eropa.

"Di Harau juga sudah banyak homestay untuk penginapan pengunjung," ujarnya.

4. Panorama Ampangan

Objek wisata Ampangan merupakan tempat favorit bagi masyarakat sekitar kota Payakumbuh.

Lokasinya berada di perbukitan menghadirkan pemandangan yang sangat indah dan luas. Lokasi Panorama Ampangan ini berada di kaki gunung Sago, perbukitan Kenagaraian Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Ditempuh sekitar 6 Km dari pusat kota Payakumbuh.

"Objek wisata ini telah mengalami perubahan yang signifikan dari sebelumnya," kata Elfrita.

5. Panorama Padang Mangateh

Bobby mengatakan Padang Mengatas ini menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara pada tahun 1955. Hewan yang dipelihara saat itu yaitu kuda, sapi, kambing dan ayam.

Pada tahun 1958-1961, peternakan ini berubah menjadi lokasi basis pertahanan PRRI dan mengakibatkan ITT Padang Mengatas rusak berat.

Saat ini objek wisata yang terletak di Jl. Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota tersebut tak hanya sebagai area peternakan namun sudah menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi.

"Padang Mengatas populer dengan sebutan New Zealand Sumatera Barat karena mirip dengan pemandangan penernakan sapi di New Zealand," ujarnya.

6. Air terjun Lubuak Bulan

Terjun Lubuak Bulan ini mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter. Di sini, para penjelelajah pun tidak bisa menghabiskan waktunya untuk berendam air ataupun berenang.

Air Terjun Lubuak Bulan ini berada di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, kec. Mungka, Kab. Lima Puluh Kota.

7. Kapalo Banda

Bagi orang awan, Kapalo Banda Taram dikenal dengan nama Pulau Banda Kampung Taram yang terletak di kawasan dataran tinggi Payakumbuh yang masih bagian dari Bukit Barisan Sumatera Barat.

Kapalo Banda Taram Berawal dari sebuah bendungan yang digunakan untuk irigasi persawahan masyarakat sekitar, kini Kapalo Banda Taram menjadi potensi wisata di Payukumbuh.

"Sebenarnya masih banyak objek wisata lain namun yang hits selama lebaran lima itu, bagi yang ingin merasakan bagaimana pesona objek wisata tersebut bisa langsung mengunjungi selama libur lebaran," ujarnya. (*)