Rp12 miliar dialokasikan bangun kantor perwakilan di Tapan

id kantor perwakilan

Sketsa kantor perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan di Tapan. (ist)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran Rp12 miliar untuk membangun kantor perwakilan di Tapan, Kecamatan Basa IV Balai Tapan guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pembangunan kantor perwakilan pemerintah daerah dimulai tahun ini dan ditarget tuntas akhir 2020," kata Bupati setempat, Hendrajoni di Painan, Kamis.

Ia menambahkan pembangunan kantor perwakilan bermula dari beragam keluhan masyarakat perihal jauhnya ibu kota kabupaten dari daerah tinggalnya, sementara mereka mesti datang untuk mengurus berbagai perizinan.

Dari Kecamatan Silaut yang merupakan daerah yang berbatas dengan Provinsi Bengkulu ke ibu kota kabupaten masyarakat bisa menghabiskan waktu empat sampai lima jam berkendara dengan jarak tempuh lebih kurang 164 kilometer.

Sehingga jika keperluannya tidak bisa diselesaikan dalam satu hari yang bersangkutan terpaksa menginap di ibu kota kabupaten dan tentu saja memerlukan biaya tambahan.

"Keluhan terkait situasi tersebut tidak hanya sekali saya terima, dan sudah menjadi tanggung jawab bagi saya sebagai kepala daerah untuk memberikan kemudahan," sebutnya.

Dengan dekatnya pelayanan ia berharap masyarakat bisa langsung mengurus keperluannya tanpa menggunakan jasa calo.

Di kantor perwakilan semua pelayanan akan disiapkan mulai dari dokumen kependudukan, perizinan, pemadam kebakaran, penanggulangan bencana dan lainnya.

Berikutnya di sana juga dibangun kantor serta rumah dinas bagi bupati dan pejabat-pejabat daerah setempat sehingga semuanya bisa berkantor satu atau dua hari dalam sepekan.

Hal tersebut juga dimaksud agar ketika seorang pejabat diperintahkan untuk bertugas di sana ia merasa tidak terbebani karena fasilitas di sana sama seperti di kantornya sehari-hari. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar